nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Corona Mewabah, Baca Doa Ini agar Selalu Tabah Hadapi Musibah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 20 614 2186520 corona-mewabah-baca-doa-ini-agar-selalu-tabah-hadapi-musibah-HjNJxmgCcr.jpg ilustrasi: shutterstock

VIRUS corona (COVID-19) yang menjangkit Indonesia adalah sebagai ujian atau dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, yakni bagi orang-orang beriman. Oleh karenanya umat Islam harus menghadapi pandemi virus corona dengan rasa ikhlas.

"Harus meyakini juga bahwasanya Allah tidak akan memberi beban kepada hambanya kecuali sesuai kemampuannya," kata Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya kepada Okezone belum lama ini.

ist

Allah Ta’ala berfirman:

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ

Artinya: "Tidaklah Allah membebani seseorang kecuali sebatas kemampuannya." (QS. al-Baqarah: 286).

Asroni melanjutkan, selain itu memperbanyak doa kepada Allah agar selalu tabah menghadapi segala musibah, seperti COVID-19, memohon agar diberikan keimanan yang sangat kuat.

Berikut ini adalah doa agar tetap tabah menghadapi musibah, dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu mengatakan, ‘Saya mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, ‘Barang siapa yang mengatakan:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya" (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388).

Atau bisa membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu"(HR. Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini