Share

Ustadz Zacky Mirza Ungkap Hikmah Puasa Ramadhan saat Pandemi COVID-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 330 2204430 ustadz-zacky-mirza-ungkap-hikmah-puasa-ramadhan-saat-pandemi-covid-19-TgPNRNxp5v.jpg Ustadz Zacky Mirza. (Foto: Instagram/@zackymirza_)

DAI kondang Tanah Air, Ustadz Zacky Mirza menyampaikan tausyiah singkatnya terkait dengan ibadah Ramadhan di tengah pandemi virus corona COVID-19. Menurutnya, pandemi virus corona ini salah satu peringatan Allah SWT agar manusia lebih fokus memperbaiki diri.

"Kita yakini saja, tahun ini Allah kita maunya ibadah di rumah. Di hari pertama Ramadhan ini sholat dan ritual ibadah lainnya di rumah, bisa jadi Allah ingin kita menyelami diri kita sendiri, mengevaluasi kesalahan khilaf yang selama ini biasa dilakukan," ujarnya saat mengadakan kajian daring bersama Okezone di live story Instagram resmi Okezone.com, Jumat (24/4/2020)

Ustadz Zacky mengatakan, mungkin saja Allah menurunkan virus corona untuk mengingatkan umat Islam karena terlalu sibuk dengan urusan dunia. Sehingga kedekatan dengan keluarga di bulan Ramadhan sering terabaikan.

zacky

Lebih lanjut, setiap manusia perlu ingat bahwa ibadah tidak hanya sekadar menghabiskan waktu di masjid saja. Namun berkumpul dengan keluarga di rumah juga bagian dari ibadah, mendekatkan diri kepada Allah.

"Mungkin di Ramadhan sebelumnya kita terlalu sibuk. sampai di Ramadhan-ramadhan sebelumnya kita lebih banyak beribadah di luar. Jarang kita sadar, bahwa keluarga menginginkan kita beribadah di rumah," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terlebih dengan adanya corona COVID-19 dan mengharuskan umat Islam harus berdiam diri di rumah. Juga membatasi aktivitas karena khawatir tertular bisa memanfaatkannya untuk mengevaluasi diri.

"Rasulullah SAW pernah bersabda, barangsiapa manusia yang sibuk mengevaluasi diri itulah jalan paling simpel menuju jalan Allah. Kalau kita terlalu sibuk dengan urusan dunia, kayaknya enggak fokus untuk mengoreksi diri sendiri. Mungkin selama ini kita kurang mengoreksi diri sendiri, merasa benar," tuturnya.

Ustadz Zacky pun berharap, agar masyarakat khususnya umat Islam dapat mengikuti segala aturan atau kebijakan pemerintah, terkait dengan kegiatan ibadah selama wabah corona berlangsung.

Kemudian dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan lebih khusyuk, khususnya diberi kesempatan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini