Cara Mudah Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Yuk Amalkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 616 2204101 cara-mudah-khatam-alquran-di-bulan-ramadhan-yuk-amalkan-OKFIzhZkoJ.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Awal Ramadhan jatuh pada hari ini, Jumat (24/4/2020) dan Muslim mulai menjalankan ibadah puasa. Meski di tengah pandemi virus corona (COVID-19), ibadah ini tak boleh ditinggalkan.

Sementara itu Muslim mungkin ingin mencapai tujuan tertentu agar bisa menjalani Ramadhan tahun ini secara lebih baik dibanding Ramadhan sebelumnya, misalnya berharap bisa khatam Alquran

Nah untuk bisa khatam Alquran secara mudah, ternyata ada tipsnya. Ustadz Mahfud Said mengatakan satu juz itu terdiri dari 10 lembar Alquran. Dengan demikian akan sangat mudah bagi Anda membaginya menjadi 5 bagian sesuai dengan jumlah sholat wajib harian.

"Jadi, setiap selesai solat wajib, usahakan untuk membaca cukup 2 lembar saja. Nah, dalam sehari, berarti Anda telah membaca 10 lembar yang mana ini berarti satu juz Alquran," ucapnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Kemudian agar terhindar dari rasa malas, sebelum membaca Alquran Mahfud menyarankan Muslim melafalkan Ta'awud atau 'اعوذ بالله من الشيطان الرجيم' yang artinya, "Aku berlindung kepada Allah SWT dari gangguan setan yang terkutuk."

Sementara sebagai penyemangat, Muslim bisa membayangkan pahala yang didapat membaca Alquran di bulan Ramadhan. Bagaimana pahalanya?

"Satu huruf Alquran pahalanya 10 keberkahan. Jadi, dalam satu juz yang berkisar 10.690 ayat dikalikan 10 pahala, jumlanya luar biasa banyak. Masya Allah," ujar Mahfud.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagai tambahan, jangan pernah lupa jika selesai membaca Alquran biasakan untuk membaca doa khotmul quran atau membaca doa-doa pendek lainnya.

Dari Utsman Bin Affan, Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).

Dari Abu Musa al-Asy’ari, Rasulullah bersabda, "Perumpamaan seorang mukmin yang rajin membaca Alquran adalah bagaikan buah utrujjah (sejenis jeruk) yang aromanya harum dan rasanya manis. Perumpamaan seorang mukmin yang tidak rajin membaca Alquran adalah bagaikan buah kurma kering yang tidak beraroma tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Alquran adalah bagaikan bunga raihana yang aromanya wangi tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Alquran adalah bagaikan buah hanzhalah yang tidak beraroma dan rasanya pahit. (HR. Bukhari).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya