Masjid Ditutup karena Corona, Yuk Hidupkan Rumah dengan Berbagai Ibadah Ramadhan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 27 April 2020 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 330 2205306 masjid-ditutup-karena-corona-yuk-hidupkan-rumah-dengan-berbagai-ibadah-ramadhan-dp2TLAK8iy.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Akibat wabah virus Corona (COVID-19) yang terjadi sejak Maret lalu hingga bulan Ramadhan ini, sejumlah ibadah Muslim tidak bisa dilakukan di masjid. Contohnya Sholat Tarawih berjamaah terpaksa dilakukan di rumah guna mencegah penularan penyakit tersebut.

Meski begitu Islam mengajarkan bahwa kekhusyukan ibadah Ramadhan itu tidak tergantung tempat, namun ada pada setiap qalbu setiap Muslim. Jadi di rumah pun jika qalbu khusyuk, ibadah tetap bisa khusyuk.

Wabah corona sendiri sesungguhnya memiliki sisi positif jika dilihat dari sisi hikmahnya. Sisi positifnya yaitu sekarang adalah saatnya menghidupkan rumah dengan berbagai amalaiah sebagaimana ajaran Rasulullah.

Dalam salah satu haditsnya Nabi Muhammad bersabda, “Wahai manusia, sholatlah kalian di rumah-rumah kalian, karena sholat paling utama adalah sholatnya seseorang di rumahnya kecuali sholat fardhu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain dinyatakan, “Apabila salah seorang kalian telah melaksanakan sholat (fardhu) di masjidnya hendaknya ia jadikan sebagian sholatnya untuk rumahnya, karena Allah menjadikan kebaikan di rumahnya dengan sebab sholatnya itu,” (HR. Muslim).

Dikutip dari laman JATMAN pada Senin (27/4/2020), hadis-hadis di atas menunjukkan bahwa Rasulullah meminta agar Muslim meramaikan rumahnya dengan ibadah. Dari mulai sholat, zikir, tadarus Alquran dan ibadah lainnya.

Hanya sholat fardhu dan sholat-sholat sunah utama yang dianjurkan dilakukan di masjid dalam situasi aman. Artinya Muslim diminta untuk tidak menghabiskan semua ibadah di masjid, sebagian dilakukan di rumah agar tempat tinggal memiliki suasana masjid.

Rasulullah Saw bersabda, “Jangan kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan Surah Al-Baqarah di dalamnya,” (HR. Bukhari, Muslim, dan Tirmidzi).

Nabi Muhammad bersabda, “Bumi ini seluruhnya adalah masjid kecuali kuburan dan kamar mandi.”

Nah saat pandemi corona membuat Muslim untuk sementara waktu tidak bisa mendatangi masjid guna beribadah di bulan Ramadhan, maka seharusnya menjadi kesempatan untuk menghidupkan rumah dengan kegiatan-kegiatan ibadah sebagaimana diajarkan Rasulullah Saw. Artinya mari untuk sementawa kita memindahkan suasana masjid ke dalam rumah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya