Ini Makna Basmalah yang Diucapkan saat Hendak Mengerjakan Sesuatu

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 330 2205989 ini-makna-basmalah-yang-diucapkan-saat-hendak-mengerjakan-sesuatu-1y9tWAC4Kn.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Setiap hendak mengerjakan sesuatu, Muslim dianjurkan mengucapkan basmalah yang lafaznya sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

Lalu makna bacaan basmalah tersebut? Dalam penjelasan tafsir QS. Al Fatihah Ayat 1 yang dikutip dari laman Kemenag pada Selasa (28//2020), seorang yang selalu membaca Basmalah sebelum melakukan pekerjaan yang penting, berarti ia selalu mengingat Allah pada setiap pekerjaannya.

Dengan demikian ia akan melakukan pekerjaan tersebut dengan selalu memperhatikan norma-norma Allah dan tidak merugikan orang lain. Dampaknya, pekerjaan yang dilakukannya akan berbuah sebagai amalan ukhrawi.

Seorang Muslim diperintahkan membaca Basmalah pada waktu mengerjakan sesuatu yang baik. Yang demikian itu untuk mengingatkan bahwa sesuatu yang dikerjakan adalah karena perintah Allah, atau karena telah diizinkan-Nya.

Dengan mengucapkan basmalah, maka karena Allah dia mengerjakan pekerjaan itu dan kepada-Nya dia meminta pertolongan agar pekerjaan terlaksana dengan baik dan berhasil.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya