Apa Sih yang Dapat Diteladani Mama Muda dari Siti Khadijah saat Pandemi COVID-19?

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 330 2209177 apa-sih-yang-dapat-diteladani-mama-muda-dari-siti-khadijah-saat-pandemi-covid-19-PTL2Ehjw3y.jpg Ilustrasi. (Foto: ABC)

SITI Khadijah, istri Nabi Muhammad dikenal memiliki segudang prestasi di masanya. Salah satu yang bisa diteladani mama-mama muda adalah jiwa sociopreneurship, yang dapat diterapkan di masa pandemi corona COVID-19.

Ustadz Yusuf Mansur menceritakan sosok Siti Khadijah yang disebut memiliki jiwa sociopreneurship. Hal itu diutarakan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur'an (DQ), bersama Universitas Sebelas Maret (UNS), dalam tausyiah online dengan tema Kajian Tarawih Online Sociopreneurship ala Rasulullah, Senin (4/4/2020).

yusuf

Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, bahwa adanya wabah virus corona membuat sebagian masyarakat khususnya para ibu rumah tangga lebih mandiri. Anda bisa menjadi sosok sociopreneurship atau membangun usaha berbasis sosial.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian ia melanjutkan, bahwa pada masa Rasulullah SAW sosok Siti Khadijah lah menjadi salah satu pelopor wanita sociopreneurship. Ia adalah sosok istri Nabi yang mandiri, memiliki jiwa sosial yang tinggi hingga pada akhir hayatnya pun tidak pernah merepotkan suaminya (Rasulullah).

"Sayidah Khadijah kubro menurut saya, memenuhi segala kriteria tentang sosok sociopreneurship. Berkarya, berusaha, berdagang, berniaga, berjualan, berbisnis tapi tidak untuk dirinya karena beliau bukan hanya untuk orang-orang miskin saja, tapi beliau sendiri berjuang untuk Allah SWT dan Rasulullah," ujarnya.

Saking mandirinya, Siti Khadijah saat akan menemui ajalnya hanya meminta kain kafan. Itupun bukan meminta kepada Rasulullah, namun Siti Fatimah.

Bagaimana ketika beliau habiskan hartanya di jalan Allah, beliau hanya meminta kain kafan. Siti khadijah meninggal hanya meminta kain kafan dan meminta kepada Fatimah. Kemudian dilapisi oleh sorban Rasulullah dari Surga," katanya.

Selain itu, makam Siti Khadijah pun hingga saat ini sangatlah sederhana. Hanya diberikan patokan batu sebagai penanda bahwa itulah makam istri Nabi Muhammad.

"Tidak ada jejak permintaan wasiat apapun, bahkan makamnya sendiri sama sekali tidak menamakan makam yang mewah hari ini kalau kita lihat," terangnya.

Ustadz Yusuf Mansur menegaskan, bahwasannya sosok sociopreneurship seperti Siti Khadijah jika banyak dilakukan saat ini, terutama di kala pandemi akan sangat berarti. Bahwa seseorang tidak hanya berbisnis dan mencari keuntungan, melainkan dengan niat untuk saling berbagi atau memperbanyak sedekah di jalan Allah SWT.

"Sociopreneurship ada pantulan energi di dalamnya," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya