Sahur Itu Sunah Rasul, Ini 3 Manfaatnya Bagi Tubuh

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 330 2209877 sahur-itu-sunah-rasul-ini-3-manfaatnya-bagi-tubuh-89OulVtnUG.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Ketika menjelang subuh pada bulan Ramadhan, biasanya relawan Muslim akan membangunkan umat Islam guna mengingatkan bahwa waktu sahur telah tiba. Makan sahur sendiri sebenarnya bukan sekadar tradisi, namun anjuran langsung dari Rasulullah SAW.

Dikutip dari laman JATMAN pada Rabu (6/5/2020), Rasulullah Saw bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur terdapat berkah.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Jadi, sahur merupakan amalan sunah dalam menjalankan ibadah puasa, bahkan sangat diutamakan. Namun karena waktunya bertepatan dengan orang tidur, kadangkala sebagian orang sering melewatkannya. Apalagi ketika sudah memasuki pertengahan bulan puasa.

Lalu apa manfaat sahur bagi kesehatan orang yang berpuasa? Dikutip dari laman Boldsky, sahur berguna untuk:

Baca Juga: 8 Tahun Mualaf, Impian Indah Ayana Moon Menyentuh Hati

1.Melawan penyakit

Majin makan sahur setiap hari bermanfaat untuk memerangi berbagai penyakit, sebab sunah sahur membangkitkan imunitas Anda. Sebaliknya, jika tak sahur maka sel-sel dan organ bisa lemah sehingga menjadi lebih rentan terhadap kuman dan virus.

2.Pikiran Jadi Fokus

Baca Juga: Humor Gus Dur: Penjual Minyak Wangi Khotbah Jumat

Telah ditemukan dalam berbagai penelitian bahwa makan sahur menaikkan kemampuan Anda untuk lebih fokus berpikir saat bekerja. Cara ini juga dapat mempertajam ingatan Anda, apalagi kalau Anda tidak mengonsumsi kelebihan gula dan karbohidrat.

3.Suasana Hati Lebih Tenang

Makan sahur juga bisa menciptakan suasana hati yang senang bagi orang yang puasa. Sebab sahur dapat menambah sekresi serotonin yang membuat diri bahagia. Selain itu sahur juga berguna untuk menyeimbangkan nafsu makan dan tidur.

Baca Juga: Wabah Corona dan Jawaban dalam Alquran

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya