Ini Waktu Imsak Berdasarkan Alquran dan Hadist

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 330 2209890 ini-waktu-imsak-berdasarkan-alquran-dan-hadist-v7RC5jFnZr.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Salah satu rutinitas Muslim Indonesia pada bulan Ramadhan adalah makan sahur. Detik-detik jelang habisnya masa sahur tersebut ditandai dengan waktu imsak.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan imsak adalah berpantang dan menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sidik sampai datang waktu berbuka.

Imsak sendiri bukanlah sekadar tradisi, sebab dalam Alquran dijelaskan mengenai batasan waktu diperbolehkannya makan dan minum bagi orang yang hendak berpuasa (yakni terbit fajar). Ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S al-Baqarah ayat 187 :

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istiri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”

Baca Juga: Wabah Corona dan Jawaban dalam Alquran

Berdasarkan ayat di atas bisa diketahui imsak sebelum sholat subuh sebenarnya sudah dikenalkan sejak lama. Penerapan waktu imsak dijadikan sebagai pengingat agar Muslim tidak mendekati batasan-batasan yang telah ditentukan Allah untuk hamba-Nya, khususnya dalam masalah waktu mengakhiri makan sahur.

Selain itu dalam hadits juga dijelaskan bahwa batasan sunah mengakhirkan sahur yaitu jarak waktu yang cukup untuk membaca 50 ayat sebelum terbitnya fajar (sekira 1/4 jam sebelum subuh).

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab Shahih al-Bukhari juz 2 hal. 231:

Baca Juga: Humor Gus Dur: Penjual Minyak Wangi Khotbah Jumat

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ. قُلْتُ : كَمْ كَانَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً.

“Dari Zaid bin Tsabit Ra., ‘kami telah makan sahur bersama Nabi SAW. kemudian ia mendirikan sholat, aku berkata: berapakah lama jarak di antara adzan dan sahur? Ia mengatakan: berjarak kira-kira waktu membaca 50 ayat” (H.R Bukhari).

Baca Juga: 8 Tahun Mualaf, Impian Indah Ayana Moon Menyentuh Hati

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berdasarkan hadist tersebut maka dapat diketahui fakta bahwa Rasulullah bersama para sahabat menyudahi waktu sahur sebelum adzan dikumandangkan dengan jarak yang relatif lama.

Demikian dikutip dari laman Tebuireng pada Rabu (6/5/2020) sebagaimana penuturan Izzatul Mufidati yang disarikan dari buku Potret Ajaran Nabi Muhammad SAW.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya