Bahagianya Orang yang Berbuka Puasa, Jangan Lupa Baca Doa Ini Biar Makin Berkah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 618 2212302 bahagianya-orang-yang-berbuka-puasa-jangan-lupa-baca-doa-ini-biar-makin-berkah-H72AK6FM4g.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

BERBUKA puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim. Setelah mendengar adzan Maghrib, rasa haus hilang, juga perut tak lagi keroncongan.

Namun sebelum menyantap makanan, baiknya membaca doa terlebih dahulu supaya lebih berkah, serta makanan yang disantap lebih nikmat.

"Doa berbuka puasa umumnya sama saja. Baik puasa sunah atau qadha," kata Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

doa

Berikut ini adalah doa berbuka puasa Ramadhan yang umum dibaca oleh umat Islam:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu, terdapat makna yang cukup erat di balik doa berbuka puasa itu. Dimana mengajak semua muslim agar selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat adzan Magrib berkumandang.

Kemudian, berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Robb-nya." (HR Bukhari dan Muslim).

Lebih lanjut, Syaikh Abdulkarim Al-Khudhair menerangkan tentang kebahagiaan orang yang berbuka puasa:

فرحة عند فِطْرِهِ يعني في الإنسان جِبِلَّة خِلْقَة إذا قُدِّم الفُطُور ينتظر أذان المغرب، ويبدأ، يفرح هذا موجُود عند النَّاس كُلِّهم

Artinya: "Bahagia saat berbuka, maknanya adalah naluri manusia ketika dihidangkan bukaan, dia menunggu azan, lalu dia mulai menyantap menu buka puasa. Kebahagiaan semacam ini ada pada semua orang,"

Nabi Muhammad SAW pun meminta kepada seluruh umatnya agar menyegerakan berbuka puasa, sebagaimana dalam riwayah hadist, dari Sahl bin Sa’ad RA Rasulullah bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: "Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka" (HR Bukhari dan Muslim).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya