3 Tingkatan Pahala Ibadah di Malam Lailatul Qadar

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 330 2213113 3-tingkatan-pahala-ibadah-di-malam-lailatul-qadar-B4gLYzth3A.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PADA 10 hari terakhir Ramadhan setiap Muslim mengharapkan datangnya malam Lailatul Qadar. Perbanyak ibadah di malam hari dan berdoa agar mendapatkan ampunan dan pahala yang setara dengan 1.000 bulan.

Meskipun Allah merahasiakan kapan datangnya Lailatul Qadar, setiap Muslim tak boleh meninggalkan ibadah di akhir hari-hari berpuasa. Nah, umat Muslim juga meyakini bahwa malam lailatul qadar jatuh antara malam-malam ganjil 10 hari akhir Ramadhan, bisa pada malam ke-21,23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

ramadan

Sementara itu, indahnya malam Lailatul qadar juga ditandai dengan udara sejuk yang menenangkan dan penuh kedamaian, langit cerah, hingga turun gerimis, sehingga menimbulkan suasana syahdu.

Kegiatan yang dapat ditingkatkan selama Lailatul Qadar yakni dengan memperbanyak dzikir, membaca Alquran, sholat sunnah sepertiga malam dan ibadah-ibadah yang lain.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dilansir Okezone dari Jatman, dalam Kitab Nihayatuz-Zain, Imam Nawawi menjelaskan tiga tingkatan dalam menghidupkan malam lailatul qadar. Apa saja?

Ada tingkatan pertama yang membuat pahala Anda bertambah saat Lailatul Qadar. Yaitu dengan memperbanyak sholat sunnah, seperti sholat tarawih, sholat witir, sholat hajat, shalat taubat dan tentunya dilanjut dengan sholat tahajud.

Kemudian, tingkatan keduanya, Anda harus memperbanyak berdzikir. Mendekatkan diri kepada Allah, jadi salah satu aktivitas yang juga menambah pahala. Saat berdzikir, bacalah hauqalah, kalimat tahlil, hamdalah, subhanaallah dan kalimat-kalimat thayyibah atau bacaan dzikir lainnya.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membaca Alquran. Sebabnya memperbanyak membaca Alquran sama halnya dengan memperbanyak dzikir.

Ada lagi tingkatan terakhir yang dapat menambah pahala saat Lailatul Qadar, Menurut Imam Nawawi, lakukanlah sholat isya dan sholat subuh berjamaah. Meskipun ibadah ini menjadi tingkatan terendah, mengingat lagi pahala sholat berjamaah adalah 27 derajat, jika dibandingkan sholat sendiri hanya satu derajat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya