Catat, Malaikat Hadir di Saat-Saat Seperti Ini

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 330 2213367 catat-malaikat-hadir-di-saat-saat-seperti-ini-PG2Kf7Cqdf.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

MENGENAI malam Lailatul Qadar, Allah SWT berfirman yang artinya “Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al-Qadr: 4).

Malam Lalilatul Qadar terdapat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Namun tidak seorang pun tahu kapan pastinya waktu yang istimewa tersebut.

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun dari langit. Namun sejatinya, malaikat selalu ada di sekitar kita. Kapan saja?

Dikutip dari laman JATMAN pada Rabu (13/5/2020), berikut waktu-waktu malaikat hadir.

Pertama, saat dibacakan ayat-ayat Alquran

Rasulullah Saw bersabda, “Tidak berkumpul satu kelompok di satu rumah dari rumah-rumah Allah, membaca kitab Allah dan mengkajinya antar mereka, kecuali turun ketenangan atas (hati) mereka, dan mereka diliputi oleh rahmat serta dilindungi oleh malaikat, dan Allah menyebut-nyebut mereka di tengah-tengah siapa yang ada di sisi-Nya,” (Shahih Muslim).

Para malaikat juga hadir ketika ada seseorang yang melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Sahabat Usaid bin Khudhair menceritakan, suatu hari ketika dirinya membaca Alquran kuda miliknya melompat. Maka ia berhenti sejenak. Lalu melanjutkan bacaannya dan kudanya melompat lagi. Ia lalu menghentikan bacaannya. Ia berdiri, lalu ia melihat di atas kepalanya seperti ada pelita yang membumbung ke langit.

Besoknya, Usaid bertanya kepada Rasulullah soal peristiwa itu. Rasulullah menjawab, “Itu adalah malaikat-malaikat yang mendengar (bacaan)mu dengan tekun.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Ustadz Oemar Mita: Tidak Ada Penipu Paling Ulung Kecuali Segenggam Dunia 

Kedua, Saat Diselenggarakan Majelis Taklim dan Zikir

Para malaikat setiap hari berkeliling untuk mencari dan menghadiri majelis-majelis ilmu dan zikir. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah Rasulullah bersabda, “Allah memiliki malaikat-malaikat yang berkeliling di jalan-jalan, mencari orang-orang yang berzikir, dan bila mereka menemukan satu kelompok berzikir, mereka saling memanggil, ‘Marilah menuju apa yang kalian butuhkan’, maka para malaikat itu melindungi mereka dengan sayap-sayapnya membumbung sampai ke langit dunia,” (Shahih Muslim).

Baca Juga: Virtual Photoshoot di Rumah Aja, Ria Miranda Cantik Berhijab

Ketiga, Berjaga Siang dan Malam

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yang bergantian berjaga-jaga terhadapmu, yaitu malaikat malam dan malaikat siang. Mereka berkumpul (sebelum berpisah) pada (waktu) salat subuh dan salat ashar.

(Malaikat) malam menuju langit, lalu Tuhan mereka bertanya, dan sebenarnya Dia Maha Mengetahui, tentang mereka: ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?’ Maka mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan salat dan kami jumpai kembali mereka dalam keadaan salat’,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Malaikat siang dan malam yang menjaga kita secara bergantian ini juga akrab disebut dengan nama Rakib dan Atid.

Keempat, Pada Hari Jumat

Rasulullah Saw bersabda, “Apabila datang hari Jumat para malaikat berdiri di pintu masjid mencatat yang hadir satu demi satu dan apabila imam telah tampil (untuk khutbah) maka para malaikat itu menutup buku-buku mereka dan duduk tekun mendengar khutbah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya