Doa Nabi Ibrahim dan Zakaria agar Dikaruniai Anak Sholeh

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 614 2219718 doa-nabi-ibrahim-dan-zakaria-agar-dikaruniai-anak-sholeh-dODYhStaDj.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP orangtua tentu berharap putra putrinya memiliki kepribadian mulia. Dalam Islam, ada berbagai doa dan dzikir yang bisa dibaca atau diamalkan agar diberikan Allah SWT anak sholeh dan sholehah.

Anggota Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustadz Candra Lubis mengatakan, ada salah satu ayat Alquran membahas doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim AS agar anak-anaknya menjadi pribadi sholeh dan sholehah.

"Kalau ingin anaknya menjadi sholeh, ya baca doa ini. Salah satunya. Di Alquran juga disebutkan doa Nabi Ibrahim," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Keutamaan Puasa Syawal, Pahalanya Setara Berpuasa Setahun Penuh

Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

(Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’).

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."(QS. Ibrahim: 40).

Ilustrasi Doa

Ustadz Candra menerangkan bahwa membaca doa tersebut sebaiknya pada tempat dan waktu yang mustajab. "Pertama adalah waktu. Waktu mustajab ini baiknya dibaca usai sholat di sepertiga malam," ucapnya.

Baca juga: 5 Keutamaan Puasa Syawal, Penyempurna Ibadah Wajib

Selain doa Nabi Ibrahim, terdapat juga doa Nabi Zakaria AS yang bisa diamalkan setiap harinya, yaitu:

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

(Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama).

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa," (QS. Al-Furqon: 74).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berkat doa-doanya, Nabi Ibrahim dikaruniai Allah keturunan anak sholeh. Bahkan, sejarah mencatat anak turun Nabi Ibrahim juga diangkat menjadi nabi dan rasul.

Yaitu Nabi Ismail, Nabi Ishaq, Nabi Yakub, Nabi Yusuf hingga Nabi Muhammad. Sementara Nabi Zakaria memiliki anak yang diangkat menjadi nabi juga oleh Allah, yaitu Nabi Yahya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya