Humor Gus Dur: Hobi ke Makam

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 615 2224183 humor-gus-dur-hobi-ke-makam-KL1FU7AVvK.jpg

KAUM Nahdliyin mempunyai kultur tersendiri untuk menghormati pendahulunya melalui ziarah kubur. KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sangat dikenal sebagai pribadi yang senantiasa melestarikan kultur tersebut.

Bahkan tak lama setelah Gus Dur dilantik menjadi Presiden RI ke-4 pada Oktober 1999, ia langsung berziarah ke makam KH Ahmad Mutamakin di Pati, Jawa Tengah. Alasan 'sowan' ke makam sang kiai penyebar ajaran batiniah (Islam esoteris) tersebut karena masih ada garis keturunan dengan Gus Dur.

Hamid Basyaib dan Fajar W Hermawan dalam buku Saya Nggak Mau Jadi Presiden, Kok! Ger-Geran Lagi Bersama Gus Dur (2001) mengungkap Gus Dur selalu percaya pada isyarat-isyarat para leluhur. Sampai cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama ini KH Hasyim Asy'ari selalu kukuh mempertahankan 'ideologinya'.

(Baca Juga : Tangis Pilu Muazin Pecah saat Kumandangkan Azan di Tengah Wabah COVID-19)

Paman Gus Dur, KH Yusuf Hasyim alias Pak Ud mengungkapkan kerepotannya ketika menghadapi pendirian putra KH Wahid Hasyim tersebut.

"Susah kalau berdiskusi sama Durrahman (Gus Dur). Kalau kita tanya alasan keputusannya apa, dia bilang dari ilham, mimpi, atau sehabis ziarah makam. Kita mau bilang apa?" komentar Pak Ud ketika Gus Dur masih menjabat sebagai Ketua Umum PBNU.

(Baca Juga: Tanda-Tanda Jodoh Menurut Alquran, Cek Benarkah Dia Jodohmu?)

Gus Dur sendiri pernah menjelaskan alasan memilih hobi berziarah ke makam ulama maupun leluhurnya. "Saya nggak percaya sama yang masih hidup. Kalau yang sudah mati kan nggak punya kepentingan apa-apa lagi," elaknya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini