Ingin Meninggal Husnul Khatimah, Amalkan Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 618 2228437 ingin-meninggal-husnul-khatimah-amalkan-doa-ini-obWsOFEnz4.jpg ilustrasi (stutterstock)

MENINGGAL dunia dalam keadaan husnul khatimah atau penuh kebaikan adalah harapan setiap umat Islam. Salah satu cara agar kita meninggal husnul khatimah, yakni memperbanyak doa kepada Allah SWT di waktu-waktu mustajab misalnya pada hari Jumat, ketika azan berkumandang dan juga setelah melaksanakan sholat fardhu maupun sunah.

Seperti dikutip dari buku Himpunan Doa Raih Jodoh Terbaik, Rumah Tangga Sakinah dan Diberi Momongan Shalih dan Shalihah karya Ustadz Muammar Shiddiq, halaman 84, terdapat doa agar suami-istri diwafatkan dalam keadaan baik atau husnul khatimah.

Baca juga: Sunah Dibaca Malam Jumat, Surah Al Kahfi Bisa Bantu Manusia Hadapi Dajjal

Doa yang dimaksudkan, yaitu sebagai berikut:

اللهمّ أحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُورِ كُلِّهَا، وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

Allahumma ahsin ‘aqibatanaa fil umuuri kullihaa, wa ajirnaa min khizyid dunyaa wa ‘adzabil akhiroh

Artinya: "Ya Allah baguskanlah akhir dari segala urusan kami, dan hindarkanlah kami dari kehinaan godaaan dunia dan siksa akhirat nanti".

 

Kemudian, dikutip dari kitab Nashaihul Ibad ditulis oleh Syekh Nawawi Al-Bantani, ia mengajarkan amalan atau wiridan agar meninggal dalam keadaan husnul khatimah:

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya."

Kedua doa tersebut bisa dibaca atau diamalkan setiap selesai sholat fardhu maupun sunah, yakni sebagai salah satu pelengkap doa lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya