7 Tanda Bukti Kamu Benar-Benar Mencintai Rasulullah

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 616 2228733 7-tanda-bukti-kamu-benar-benar-mencintai-rasulullah-2uOX1hoGht.JPG Ilustrasi (Foto: Ist)

BERSTATUS sebagai muslim, sudah sepatutnya kita mencintai Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam dengan tulus sepenuh hati. Sebab, beliau adalah pembawa risalah ilahi yang mengajarkan tauhid untuk membawa manusia pada keselamatan dunia dan akhirat.

Namun, banyak dari kita masih saja bingung bagaimana mengimplementasikan kecintaan kita kepada sang manusia sempurna.

Jika mengaku mencintai Nabi, ada beberapa indikator utama yang bisa membantu mengidentifikasi jika kita sudah benar-benar mencintai sang baginda.

Baca juga: Kisah Tentara Amerika Masuk Islam Sepulang dari Turki

Berikut 7 tanda bukti kita sebagai muslim mencintai Nabi Muhammad, sebagaimana dikutip dari laman Theislamicinformation:

1. Mengikuti ajarannya

Tanda terbesar di antara yang lain menunjukkan kasih sayang kita kepada Rasulullah ialah dengan sungguh-sungguh mengikuti ajaran Rasulullah, yang berpedoman pada Alquraan dan Hadits. Karena akhlak Nabi adalah cerminan dari isi dari Alquran yang suci dan mulia.

2. Mempelajari kehidupannya

Setiap muslim wajib mempelajari kehidupan Nabi Muhammad meliputi rasa belas kasih, cinta, rahmat, ucapan, pengabdian, sopan santunnya, termasuk kekhawatiran beliau dengan umatnya serta pengorbanan yang dilalui beliau sepanjang hidupnya sebagai pembawa risalah Allah.

Infografis Bisnis Nabi

3. Belajar memahami hadits dan mengikuti sunahnya

Sedini mungkin kita harus belajar, membaca, memahami, mengikuti, dan mengajarkan apa yang telah disampaikan Rasulullah kepada kita melalui hadits-hadits dan sunah yang diajarkan beliau.

4. Senantiasa bersholawat kepadanya

Membaca sholawat kepada beliau salah satu bukti kecintaan kita kepada Rasulullah. Allah dan malaikat-Nya saja senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad. Sholawat juga akan membawa kebaikan bagi si pembacanya, sebab Allah akan mengganjar pahala sholawat 10 kali setiap kita membaca sholawat satu kali saja kepada baginda Nabi.

Baca juga: Kisah Keluarga Keturunan Uwais al Qarni Setia Menjaga Jubah Rasulullah

5. Mencintai apa dicintai Rasul

Mencintai apa yang menjadi kegemaran Rasulullah termasuk bukti kita mencintai beliau. Menjaga sunah, sholat tahajud di malam hari, puasa sunah Senin dan Kamis hingga sunah-sunah lainnya seperti mengenakan pakaian putih, bersiwak hingga memakai wewangian juga jadi bukti kita mencintai Nabi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Sering mengingatnya

Kita sering memikirkan orang yang kita cintai. Karena itu, semakin kamu memiliki kasih sayang kepada Nabi Muhammad, maka kita tentu akan selalu mengingat beliau. Nabi pun berkata bahwa seseorang kelak di surga akan duduk bersama orang-orang yang dicintainya. Bagaimana kita bisa mencintai Nabi jika kita saja jauh dari sunah-sunahnya?

7. Memotivasi orang lain untuk meneladani Nabi

Hal yang kerap terlupakan oleh kita ialah mengajak orang lain untuk senantiasa mengenal dan meneladani Rasulullah. Seorang pecinta Nabi tentu akan bersemangat memotivasi orang lain untuk fokus mempelajari ajaran, sunah dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya