Hukum Perempuan Sholat Berjamaah di Masjid

Selasa 16 Juni 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 330 2231137 hukum-perempuan-sholat-berjamaah-di-masjid-3ADh7DfbbO.jpg Salat gerhana di Masjid Baiturrahman, Sinabang, Simeulue, Aceh (Okezone.com/Windy)

LAKI-LAKI dianjurkan sholat lima waktu berjamah di masjid, karena itu lebih utama dan pahalanya berlipat ganda. Tapi, bagaimana dengan perempuan, apakah ada keutamaan serupa jika sholat berjamaah di masjid?

DR. Ahmad Hatta dalam bukunya ‘Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah’ pada Bab Sholat Muslimah halaman 94 menjelaskan, sholat berjamaah tidak diwajib untuk muslimah. Bagi perempuan sholat di rumahnya lebih utama dibandingkan sholat berjamaah di masjid.

Imam Nawawi dalam Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, 4/197-198) menyatakan, “adapun wanita, maka sholat jamaah mereka di rumah lebih utama (dibandingkan jamaah di masjid).”

Baca juga: 5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu, Nomor 3 Sesuai Usia 

Meski begitu, bagi muslimah yang ingin melaksanakan sholat berjamaah di masjid maka laki-laki tidak boleh melarangnya.

Rasulullah SAW bersabda “Apabila seorang di antara kalian diminta izin istri kalian untuk melaksanakan sholat di masjid, jangan-lah dia mencegahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika ada perempuan ikut berjamaah di masjid maka hendaklah membentuk shaf di belakang shafnya laki-laki.

 

Ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad “shaf terbaik untuk kaum lelaki adalah terdepan dan yang terburuk adalah shaf terbelakang, sedangkan untuk kaum wanita adalah shaf terbelakang dan yang terburuk adalah shaf terdepan.” (Shahih Muslim, 4/159).

Untuk kaum muslimah disunnahkan untuk tidak melakukan shalat lima waktu berjamaah di masjid. Kesibukan dan kewajibannya dalam urusan rumah tangga membuat seorang Muslimah sulit untuk melaksanakan shalat berjamaah lima waktu di masjid maupun di musalla.

Oleh karenanya hukum shalat berjamaah bagi muslimah hanya sampai pada tingkatan mubah (boleh), tidak sampai wajib. (Pristia Astari)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya