Sholawat Asyghil, Benteng Perlindungan dari Orang Zalim

Rizka Diputra, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 618 2232033 sholawat-asyghil-benteng-perlindungan-dari-orang-zalim-WzG11XphSb.JPG ilustrasi (Foto: Pixabay)

MEMBACA sholawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam akan mendapat ganjaran pahal besar dari Allah Subhanahu wata'ala. Saking istimewanya sholawat, Allah dan malaikat-Nya saja bersholawat kepada baginda Nabi. Sehingga tidak ada alasan bagi kita sebagai umat beliau untuk malas bersholawat.

Salah satu bacaan sholawat yang masyhur di kalangan kaum muslimin ialah Sholawat Asyghil. Sholawat ini juga sangat populer dibaca oleh umat muslim di Indonesia, terutama kalangan pesantren. Nyaris di setiap waktu semisal saat istighasah maupun di waktu subuh atau maghrib, sholawat ini kerap dilantunkan secara berjamaah.

Dikutip Okezone dari berbagai sumber, Sholawat Asyghil pertama kali dibaca oleh Al Imam Ja’far Ash-Shodiq (wafat 138 H). Beliau lazim membaca sholawat ini ketika membaca doa qunut sholat subuh. Beliau hidup di akhir masa Dinasti Umayyah dan awal era Dinasti Abbasiyyah yang kala itu penuh intrik serta konflik politik.

Baca juga: Bacaan Sholawat yang Bikin Malaikat Sibuk Mencatat Pahalanya Selama 1.000 Hari

Namun, sejarah juga menyebutkan bahwa sholawat populer dengan sebutan Sholawat Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduan Ba 'Alawy (wafat 1122 H). Musbabanya, Sholawat Asyghil ini termasuk sighat sholawat yang dihimpun dalam kitab Habib Ahmad bin Umar yaitu Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Adapun bacaan Sholawat Asyghil adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

(Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa asyghilizh zholimin bidz zholimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in).

Arttnya: “Ya Allah, berikanlah sholawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah sholawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau,”.

Sedangkan manfaat Sholawat Asyghil bagi pembacanya ialah mendapatkan perlindungan Allah Ta'ala dari orang-orang zalim dan diselamatkan dari segala perbuatan maupun tipu daya mereka. Semoga kita bisa rutin mengamalkannya!

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini