Sholat Jumat di Masjid Al Akbar Surabaya Tanpa Ganjil-Genap

iNews TV, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 614 2232970 sholat-jumat-di-masjid-al-akbar-surabaya-tanpa-ganjil-genap-FFUdsWlWKJ.jpg Sholat Jumat di Masjid Agung Al Bakarah Bekasi (Okezone.com/Heru)

SURABAYA – Jamaah Sholat Jumat di Masjid Al Akbar Kota Surabaya, Jawa Timur membeludak, Jumat (19/6/2020). Tapi, pengurus masjid tidak menerapkan sistem ganjil genap dua gelombang berdasarkan nomor ponsel seperti disarankan oleh Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia M Jusuf Kalla.

Mereka merasa kapasitas Masjid Al Akbar masih mencukupi menampung jamaah dan tetap bisa menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  10 Gaya Hijab Berbagai Negara, dari Somalia hingga Indonesia

Wartawan iNewsTV di Surabaya, Rahmat Ilyasan melaporkan, Masjid Al Akbar menerapkan protokol kesehatan secara ketat, selalu membersihkan dengan disinfektan lima kali dalam sehari, yakni sebelum diadakan sholat lima waktu maupun sebelum melaksanakan Sholat Jumat.

Selain itu juga menerapakan protokol ketat dengan cuci tangan, pakai masker, diperiksa suhu tubuh dan berjarak 2 meter.

Helmy Mohamad Nor, Humas Masjid Al Akbar mengatakan, penerapan protokol kesehatan ketat tersebut diharapkan bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Jawa Timur, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

 

Sementara itu, Masjid Agung Kota Cimahi, Jawa Barat, hari dibuka kembali untuk Sholat Jumat, setelah tiga bulan ditutup karena wabah virus corona. Pelaksanaan Sholat Jumat kali ini jamaahnya dibatasi maksimal 30 persen dari kapasitas masjid.

Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang juga resmi dibuka kembali untuk Sholat Jumat hari ini, setelah ditutup sejak tiga bulan lalu. Sebelum Sholat Jumat, masjid sudah disemprot disinfektan dan diberikan tanda jarak di lantai sehingga jamaah tidak bisa berdiri rapat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya