Sholat Jumat Perdana, Gubernur Sumbar Jadi Khatib di Masjid Raya

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 614 2233144 sholat-jumat-perdana-gubernur-sumbar-jadi-khatib-di-masjid-raya-sxGmI1LOhC.JPG Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno jadi khatib sholat Jumat perdana (Foto: Okezone.com/Rus Akbar)

MASJID Raya Sumatera Barat (Sumbar) hari ini menggelar sholat Jumat perdana sejak penerapan new normal di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pembukaan kembali Masjid Raya Sumbar untuk sholat berjamaah tetap memberlakukan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pantauan Okezone, sholat Jumat hanya digelar di lantai satu. Jamaah memadati ruang utama hingga area luar masjid.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berharap pelaksanaan ibadah sholat Jumat tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, seperti jaga jarak antar jamaah, memakai masker serta pengecekan suhu badan dan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki masjid.

Baca juga: Berikut Panduan Pembelajaran Tatap Muka Pesantren di Era Covid-19

Dalam khutbah Jumat, Gubernur Irwan Prayitno mengangkat tema "Dengan Ibadah Kita Hadapi Musibah". Ia menjelaskan, sabar merupakan sifat utama bagi orang yang beriman. Karena dalam keadaan bagaimanapun bagi orang beriman adalah kebaikan.

Masjid Raya Sumbar

"Dalam kondisi saat ini, untuk menghadapi musibah Covid-19 ini kita harus menghadapi dengan sabar. Jadi kunci keniscayaan mengahadapi Covid-19 adalah bersabar. Sabar kita beribadah, sabar menghadapi Covid, namun kita tetap semangat," kata Irwan, Jumat (19/6/2020).

"Yang tidak sabar dan tidak siap mengahadapi Covid ini, maka kita akan tenggelam dalam situasi ini," sambung Irwan.

Sikap sabar menurut dia, bukanlah sikap pasif yakni tidak berbuat apapun. Atau bahkan menerjang keadaan yang tidak baik. "Tingkatkan beribadah kuatkan keimanan, itu tantangan bagi umat Islam. Yakinlah Allah akan melindungi kita. Dan Allah menyertai orang-orang yang sabar," tuturnya.

Di akhir khutbahnya, Gubernur Irwan mengimbau masyarakat selalu patuh mengikuti protokol kesehatan demi menghindari penularan corona lebih luas.

Pelaksanaan sholat Jumat di Masjid Raya Sumbar berjalan khusyuk meski dengan aturan baru sesuai instruksi pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini