Agar Tak Mimpi Buruk, Baca Doa Ini Sebelum Tidur

Kamis 25 Juni 2020 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 618 2236518 agar-tak-mimpi-buruk-baca-doa-ini-sebelum-tidur-czBXk9L35b.jpg ilustrasi (stutterstock)

TIDUR adalah aktivitas yang lumrah bagi manusia saat malam. Tapi, agar tidurnya bernilai ibadah alangkah baiknya mengikuti sunah seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

Sebelum tidur, salah satu kebiasaan Nabi Muhammad adalah bersuci dengan berwudhu. Kemudian memperbanyak zikir hingga terlelap.

"Pastikan sebelum tidur kita berwudhu terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sebelum tidur. Lalu hindari tidur di saat matahari akan terbit (sehabis Subuh), dan matahari terbenam (habis Ashar)," ujar Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits Indonesia, Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone.

Baca juga:  Ini Nama 313 Nabi dan Rasul 

Salah satu doa sebelum tidur, yaitu:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallâhu, allâhu rabbî, lâ syarîka lahû. A‘ûdzu bikalimâtillâhit tâmmati min ghadhabihi wa min syarri ibâdihi wamin hamazâtis syayâtîni wa an yahdhurûni.

Artinya: "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan syaitan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu." (HR. Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi).

"Pada dasarnya memang sudah ada cara untuk kita agar bisa terhindar dari mimpi buruk. Selain ini juga dilakukan untuk mengatasi kegelisahan, saat bermimpi buruk," ucap Ustadz Fauzan.

Sebelum tidur juga dianjurkan membaca Surah Al Ikhlas, Surah an-Nas dan Surah Al Falaq.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya