Alquran adalah Mukjizat Terbesar di Bumi

Pristia Astari, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237816 alquran-adalah-mukjizat-terbesar-di-bumi-QRqTVbvYst.jpg Kitab suci Alquran. (Foto: Unsplash)

KITAB suci Alquran merupakan sebuah mukjizat yang disampaikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk menjadi syafaat bagi umat manusia.

Alquran juga sebuah mukjizat yang terbesar di bumi. Kemudian Alquran merupakan kitab suci terakhir dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk umat manusia.

Baca juga: Mengetahui Cara Nabi Muhammad Memakai Cincin 

Dengan demikian, Alquran adalah sebuah pedoman, buku, bukti panduan yang jelas, kriteria, pembawa kabar gembira, penilai antara benar dan salah, nasihat yang baik, klarifikasi untuk semua hal, hingga wawasan yang jelas.

Mengutip dari About Islam, Minggu (28/6/2020), tertulis dalam ayat Alquran:

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا ٱلْقُرْءَانَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُۥ خَٰشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ ٱللَّهِ ۚ وَتِلْكَ ٱلْأَمْثَٰلُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Kalau sekiranya Kami turunkan Alquran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir." (QS Al-Hasyr: 21)

Baca juga: Nabi Muhammad Mendamaikan Suku yang Berebut Meletakkan Hajar Aswad 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam juga diminta untuk memanfaatkan potensi Alquran sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

فَلَا تُطِعِ الْكَافِرِينَ وَجَاهِدْهُمْ بِهِ جِهَادًا كَبِيرًا

Artinya: "Maka janganlah kamu mengikuti orang-orang kafir, dan berjihadlah terhadap mereka dengan Alquran dengan jihad yang besar." (QS Al Furqan: 52)

Wahyu yang ada di dalam Alquran merupakan peristiwa yang tidak biasa dalam sejarah. Semua keberadaannya mungkin memuncak saat itu dan diarahkan secara klimaks berdasarkan pengalaman tersebut. Jadi selama wahyu Quran masih ada, seluruh kehidupan metafisik terpengaruh.

Alquran adalah kawan terbaik Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, surga paling aman, dan senjata paling ampuh untuk dijadikan pertahanan. Maka itu, malam turunnya Alquran disebut dengan Lailatul Qadr yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Baca juga: Kekhususan Nabi Muhammad: Tidak Menguap hingga Tahu Ringkihan Langit 

Kitab suci Alquran. (Foto: Freepik)

Alquran lebih besar dan lebih mendalam daripada mukjizat yang terkenal dari Nabi Musa Alaihisallam dan Nabi Isa Alaihisallam.

Mujizat mereka hanya berumur pendek. Dampaknya memang besar, namun terbatas pada sekelompok orang saja, waktu tertentu, dan lingkungan georafis tertentu. Setelah itu, mereka menjadi sejarah.

Baca juga: Ditemukan Manuskrip Lampung yang Mengungkap Sejarah Dakwah Islam 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini