Kekhususan Nabi Muhammad: Tidak Menguap hingga Tahu Ringkihan Langit

Minggu 28 Juni 2020 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 614 2237780 kekhususan-nabi-muhammad-tidak-menguap-hingga-tahu-ringkihan-langit-b6LqBOxDqQ.jpg Kaligrafi tulisan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. (Foto: Istimewa)

NABI Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam merupakan sosok yang sempurna. Kekhususan atau hal-hal istimewa terdapat di dalam diri berliau.

Allah Subhanahu wa ta'ala menghadirkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dengan berbagai kemampuan luar biasa dimiliki.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam juga diberikan mukjizat oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian ada tanda-tanda kebesaran-Nya sebagai bukti kenabian Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Dalam buku 'Manusia yang Tidak seperti Manusia', Ustadz Ahmad Zarkasih Lc, pengajar Rumah Fiqih Indonesia, menjelaskan keistimewaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Berikut ini di antaranya, sebagaimana dikutip dari Sindonews, Minggu (28/6/2020).

Kaligrafi tulisan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. (Foto: Istimewa)

1. Tidak pernah menguap

Dalam Kitab al-Khashaish al-Kubra, Imam As-Suyuthi menyebutkan riwayat tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang sepanjang hayat tidak pernah menguap.

Di-takhrij oleh Imam Al-Bukhari dalam kitabnya Al-Tarikh dan juga Ibn Abi Syaibah dalam mushannaf-nya, dan dari Ibn Sa'd dari Yazid bin Al-Ashamm, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah menguap sama sekali.

2. Bisa melihat di balik badan

Dalam riwayat Imam Muslim, selepas sholat berjamaah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan kepada para sahabat bahwa beliau bisa melihat apa yang terjadi di belakang sepanjang sholat.

"Wahai manusia, aku adalah imam kalian, maka janganlah kalian mendahuluiku rukuk, juga jangan mendahuluiku sujud, dan jangan juga berdiri serta menyelesaikan sholat, sesungguhnya aku bisa melihat kalian dari depan ku dan juga dari belakangku." (HR Muslim)

3. Melihat dan mendengar ringkihan langit

Dalam riwayat Imam at-Tirmidzi dari sahabat Abu Dzar Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya aku melihat apa yang kalian tidak lihat, dan aku mendengar apa yang kalian tidak dengar; ringkihan langit. Dan memang pantas langit bersuara ringkih karena di setiap jarak empat jari di langit ada malaikat yang menaruh keningnya untuk sujud kepada Allah. Demi Allah, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, kalian akan sedikit tertawa dan banyakmenangis." (HR Tirmidzi)

4. Tidak pernah ihtilam (mimpi basah)

Ihtilam adalah keluarnya air mani karena sebab mimpi atau fantasi. Orang kebanyakan Indonesia menyebut ihtilam dengan sebutan mimpi basah. Itu tidak pernah terjadi pada diri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Dalam kitab hadis Al-Mu'jam al-Kabir, Imam at-Thabrani mengeluarkan sebuah riwayat dari Ibnu 'Abbas: "Bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah ber-ihtilam." (HR At-Thabrani)

Semoga salawat dan salam senantiasa tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga serta orang yang mengikuti beliau.

Wallahu A'lam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini