Baca Doa Ini agar Terhindar dari Sifat Dengki

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 618 2238488 baca-doa-ini-agar-terhindar-dari-sifat-dengki-ex8EtPQN3Y.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DENGKI ialah salah satu sifat tercela paling tidak disukai oleh Allah. Jika orang dihinggapi sifat dengki, maka ia akan merasa iri dengan kebahagiaan, nikmat atau kesuksesan yang dicapai orang lain. Bahkan, bisa jadi ia nekat berusaha untuk menghilangkan nikmat orang tersebut.

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjauhi sifat ini. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Janganlah kalian saling hasad (iri), janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling membelakangi (saling mendiamkan/ menghajr). Jadilah kalian bersaudara, wahai hamba Allah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Seorang hamba yang baik ialah dia yang mampu bersyukur menerima ketetapan Allah Ta'ala apa adanya, tanpa harus mengeluh, apalagi iri terhadap nikmat yang diberikan kepada orang lain.

Baca juga: Baru Menikah, Jangan Lupa Baca Doa Ini di Malam Pertama

Dalam Alquran terdapat doa yang bisa kita amalkan agar dapat terhindar dari sifat tercela ini. Doa tersebut terdapat dalam Surah Al-Hasyr ayat 10 yaitu:

رَبَّنَااغْفِرْ لَنَا&وَلِإِخْوَانِنَاالَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِوَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artiya: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang," (QS. Al-Hasyr: 10).


Selain berdoa kepada Allah, kita juga harus mempertebal iman dan rasa yakin pada takdir Allah, tentu saja dengan terus menambah ilmu. Selain itu kita juga harus mengingat akibat iri dan dengki yang berdampak di dunia maupun di akhirat, terakhir usahakan untuk selalu bersyukur dengan apapun yang kita milki, sedikit ataupun banyak

Ulama kharismatik asal Makkah, Sayyid Muhammad bin 'Alwi Al-Maliki Al-Hasani dalam kitabnya Abwabul Faraj menyebutkan sebuah doa yang juga bisa kita amalkan untuk melindungi dari sifat iri dan dengki. Doanya ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

(Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin).

Artinya: “Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini