Dahsyatnya Istighfar, Biarpun Dosa Sepenuh Bumi Akan Diampuni Allah Ta'ala

Rizka Diputra, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 330 2241524 dahsyatnya-istighfar-biarpun-dosa-sepenuh-bumi-akan-diampuni-allah-ta-ala-NPtlJ2NjiH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP manusia tentu tak luput dari kesalahan dan dosa. Namun jangan lupa, Allah Subhanahu wa Ta'ala maha pengampun. Hanya Dialah tempat meminta ampun dan bertaubat dari setiap kesalahan yang kita perbuat.

Sebagai Muslim yang baik, kita jangan sungkan meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan banyak beristighfar setiap harinya.

Baca juga: Kisah Guru Honorer Bisa Kuliah di Luar Negeri Berkat Sedekah Tiap Subuh 

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu beristighfar, agar diampuni dosanya dan mendapat karunia Allah Ta'ala. Baginda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wasallam menyebut, banyak mengucap istighfar maka akan mengundang ketenangan hati. Sebagaimana dalam hadits beliau yang berbunyi:

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

Artinya: "Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dishahihkan oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir)

Terkait istighfar Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surah Al-Anfal Ayat 33:

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

Artinya: "Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun." (QS Al-Anfal: 33)

Pada ayat lainnya Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ (١٠)يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ (١١)وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ (١٢)

Artinya: "Maka aku katakan kepada mereka 'mohon ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh: 10-12)

Salah satu keutamaan istighfar lainnya ialah dapat membersihkan hati. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Jika seseorang melakukan sebuah dosa, tertanam satu titik hitam pada hatinya. Jika dia bertobat, berhenti (melakukan dosa), lalu beristighfar, hatinya akan kembali bersih. Jika dia mengulangi dosanya, ditambahkanlah titik hitam sampai menutupi hatinya, dan jika hatinya sudah tertutup, itulah ar-rain 'penutup hati' yang Allah ‘Azza wa Jalla sebutkan dalam Alquran; 'Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya sesuatu yang selalu mereka usahakan itu menjadi ar-rain terhadap hati-hati mereka'.” (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: 3 Keistimewaan Fatimah Az-Zahra yang Patut Diteladani 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ، وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا، ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Artinya: "Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, sungguh selama engkau berdoa kepada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada pada dirimu, dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangi-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi." (HR At-Tirmidzi)

Ilustrasi beristigfar. (Foto: Shutterstock)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Semoga kita sebagai umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dapat istikamah memperbanyak istighfar, meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas segala dosa, kesalahan, khilaf yang kita perbuat setiap harinya. Sebab, manusia adalah tempatnya berbuat dosa dan kesalahan. Namun, sebaik-baik hamba ialah mereka yang bertaubat dari kesalahannya.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Terkandung dalam Surah Annisa Ayat 59 

Ilustrasi beristigfar. (Foto: Shutterstock)

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam:

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Artinya: "Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat." (HR Ibnu Majah Nomor 4241, dihasankan oleh Syekh Al Albani)

Baca juga: Tertua di Palembang, Masjid Muara Ogan Masih Kokoh dan Megah Berdiri 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya