8 Amalan Ringan Berpahala Besar

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 614 2241567 8-amalan-ringan-berpahala-besar-rLmvJBWXyT.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA banyak amalan sunah ringan berpahala besar yang bisa dilakoni umat muslim. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pun menganjurkan kepada umatnya, agar selalu mengamalkan sesuatu dari hal-hal kecil.

"Menjalankan sunah juga akan mendapatkan pahala," ujar Pengajar Fikih Pondok Pesantren Al Masthuriyah Sukabumi, Ustadz Mumu Mudzakir kepada Okezone belum lama ini.

Berikut ini delapan amalan ringan berpahala besar dan tidak akan kesulitan untuk menjalankannya:

1. Mendoakan orang lain dalam kebaikan

Rasulullah bersabda:

"Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama Muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, "Dan bagimu juga kebaikan yang sama," (HR. Muslim no. 4912).

Mendoakan kebaikan kepada sesama muslim memiliki keutamaan yang sangat besar. Seperti yang diterangkan hadits di atas, malaikat akan mencatat segala amal kebaikan manusia yang juga melakukan hal serupa.

2. Menjeguk orang sakit

Menjenguk orang yang sedang sakit merupakan kewajiban muslim kepada sesamanya. Perbuatan tersebut nyatanya memiliki pahala yang besar. Rasulullah bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Artinya: "Apabila seseorang menjenguk saudaranya Чαπƍ muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Baca juga: Dahsyatnya Istighfar, Biarpun Dosa Sepenuh Bumi Akan Diampuni Allah Ta'ala

3. Berzikir

Berzikir juga jadi salah satu amalan yang memiliki pahala besar. Selain itu, ketika berdzikir maka kita akan selalu terfokus kepada Allah dan berserah diri kepada-Nya. Zikir juga menjadi bentuk pujian dan tanda rasa syukur, selain berdoa. Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِي مُوْسَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الذِّي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالذِّي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Artinya: "Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir, adalah seumpama orang yang hidup dan mati," (HR. Bukhari).

4. Puasa tiga hari setiap bulan

Puasa tiga hari setiap bulan juga memiliki pahala yang besar. Puasa yang dimaksud adalah puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Asyura dan puasa sunah lainnya. Seperti dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits, Nabi Muhammad bersabda:

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya: "Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi," (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Membaca Ayat Kursi ba'da sholat

Setelah sholat, biasanya dilanjutkan melakukan zikir dan berdoa. Selain itu, Membaca ayat kursi bada sholat juga sangat dianjurkan. Bukan hanya bacaannya saja yang mudah dihafal, tapi dalam ayat tersebut juga memiliki pahala yang besar.

Diriwayatkan dari Imam At-Thabrani dari Sayyidina Hasan bin Sayyidina 'Ali, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

من قرأ اية الكرسي في دبر الصلاة المكتوبة كان في ذمة الله الى الصلاة الأخرى

Artinya: "Barangsiapa membaca Ayat Kursi setelah sholat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga sholat berikutnya,"

6. Muadzin

Muadzin adalah seorang yang mengumandangkan adzan, mengingatkan manusia dalm panggilan sholat. Selain suaranya yang sangat merdu, menjadi muadzin juga memiliki pahala yang besar.

Nabi Muhammad bersabda:

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِى النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا

Artinya: "Seandainya orang-orang mengetahui pahala yang terkandung pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian," (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Membaca Alquran

Membaca ayat suci Alquran tentunya akan mendapatkan pahala yang melimpah. Jika muslim rajin membacanya, Alquran juga akan menjadi syafaat ketika di akhirat nanti.

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: "Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya," (HR. Muslim).

8. Membaca doa setelah adzan

Setelah adzan berkumandang, biasanya dilanjut dengan membaca doa. Jika mengamalkannya setiap hari, maka terdapat pahala yang sangat besar di dalamnya.

Berikut ini doa setelah adzan berkumandang yang bisa diamalkan setiap hari:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Artinya: "Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia,".

Semoga kita bisa istiqamah mengamalkannya. Aamiin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini