Mau Naik Gunung, Amalkan Doa Ini agar Terhindar dari Gangguan Binatang Buas

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 618 2241522 mau-naik-gunung-amalkan-doa-ini-agar-terhindar-dari-gangguan-binatang-buas-G1nJk7i8n1.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MENDAKI gunung atau menjelajah hutan jadi tren di kalangan anak muda sekarang. Banyak milenials menyukai travelling satu ini karena terkesan menantang dan keren, dengan tas carrier di punggung, berjaket dan bersepatu gunung.

Tapi, untuk naik gunung bukan hanya butuh fisik, stamina, dan nyali, tapi juga harus tahu dasar-dasar mendaki dan bersahabat dengan alam. Ini salah satu hal penting untuk keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Hal lain yang harus diwaspadai saat mendaki gunung adalah binatang buas. Maka, pendaki profesional yang muslim biasanya akan berdoa dulu sebelum menjelajah. Tujuannya tentu saja agar diberikan keselamatan oleh Sang Pemilik Alam Semesta.

Nah, untuk menghindari dari gangguan binatang buas, ada beberapa doa yang bisa diamalkan.

Salah satunya adalah sebagai berikut:

Lafadz dalam bahasa latinnya:

A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Baca juga: Intip Pesona Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang

Menurut Wakil Bendahara Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU), Ustadz Abdul Malik, doa ini bisa dibacakan kapan saja terutama setelah sholat, agar selalu terhindar dari gangguan makhluk.

“Bacaan doa ini terdapat dalam Ratib Al-Haddad karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad yang biasa dibaca di berbagai majelis di berbagai daerah di Indonesia. Tak lain ketika bakda Shubuh dan bakda Maghrib,” ucapnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini