Perempuan Ini Hafalkan Alquran dari Balik Dinding Penjara

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 614 2242554 perempuan-ini-hafalkan-alquran-dari-balik-dinding-penjara-zTQ4WNanIa.jpg Ety binti Toyyib Anwar, TKI penghafal Alquran/Tengah (Foto: Ist)

TENAGA Kerja Indonesia (TKI), Ety binti Toyyib Anwar akhirnya bisa menghirup udara segar, setelah menjalani masa hukuman 18 tahun di penjara lantaran dituduh meracuni majikannya di Arab Saudi. Ety bisa bebas dari penjara dan vonis hukuman mati lantaran membayar diyat alias uang darah.

Namun di balik itu, Ety tidak menyesal, justru ia mendapat pelajaran berharga. Kini ia menghafal Alquran 30 juz dan berbagai riwayat hadits Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. “Kepada semua yang membantu saya, semoga ini menjadi jalan menuju surga,” kata Ety.

Setelah keluar dari penjara, ia pun disambut oleh beberapa orang yang mewakili pemerintah, salah satunya Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah.

”Kepada Bapak Presiden, kepada Ibu Negara, kepada semuanya. Saya sudah enggak tahu anak-anak saya. Mudah-mudahan apa-apa dibalas oleh Allah,” ujarnya.

Baca juga: Gempa Menurut Pandangan Islam

Menghafal Alquran memang tidak mudah, karena terdapat ujian di dalamnya. Namun sebaliknya, Ety menjadikan cobaan yang dihadapinya itu sebagai kesempatan mempelajari, menghafal Alquran dan hadists.

Lalu amalan apa saja agar mempermudah hafalan? Dikutip dari website Pondok Pesantren Darunnajah, Serang, Banten, terdapat tiga amalan untuk membantu memperlancar menghafal Alquran dan ilmu lainnya:

1. Menjauhi Maksiat

Maksiat merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama, karena imbasnya akan menghalangi segala sesuat dalam hidup. Misalnya hafalan Alquran menjadi semakin sulit.

Seperti pepatah Arab mengatakan:

شَكَوْتُ إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي, فَأرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ المعَاصي. وَأخْبَرَنِي بأَنَّ العِلْمَ نُورٌ, ونورُ الله لا يهدى لعاصي.

Artinya: "Saya telah mengadukan kepada imam Waki’, tentang buruknya hafalanku. Lalu beliau memberi nasihat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasanya hafal ilmu itu adalah cahaya (karunia), dan cahaya Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat maksiat,".

2. Perbanyak ibadah

Memperbanyak ibadah adalah salah satu cara agar hafalan menjadi mudah. Misalnya sering membaca Alquran, maka perlahan ayat-ayat yang dibaca akan masuk ke dalam kepala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun amalan lainnya agar mudah menghafal Alquran, seperti memperbanyak sholat sunah, puasa, zikir, dan bersholawat.

3. Rutin Mengulangnya

Mengulangi ayat atau hadits yang sedang dihafal adalah salah satu cara agar mudah mengingatnya. Metode ini juga biasanya di terapkan para santri di pesantren.

Ketika kiai dan ustadz memberi mereka talaran (hafalan), maka mereka akan terus membacanya setiap hari bahkan sengaja bangun di sepertiga malam sambil sholat tahajud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya