Sungguh Dahsyat, Ini 6 Khasiat Surah Al-Insyirah

Riyadi Akmal, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 614 2243269 sungguh-dahsyat-ini-6-khasiat-surah-al-insyirah-D7t4jxuIgg.jpg ilustrasi (stutterstock)

SURAH Al-Insyirah merupakan surah ke 94 dalam Alquran dan hanya terdiri dari delapan ayat. Karena tergolong surah pendek, maka Al Insyirah atau lebih dikenal dengan surah ‘alam nasyrah’ sering dibaca kebanyakan muslim saat sholat.

Dalam sebuah kajian disiarkan di chanel Youtobe Majmu'atulfawaaid, pendakwah Ustadz Ahmad Jamaluddin menjelaskan bahwa Surah Al-Insyirah artinya melapangkan.

Ayat pertama Surah Al-Insyirah sebagai berikut:

Alam nasyrah laka shadrak

Artinya: Bukankah kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?

Menurut Ahmad Jamaluddin, Nabi Muhammad pernah berkata "barang siapa yang membaca surah alam nasyrah maka seakan-akan orang tadi datang menemuiku dikala aku sedang dalam keadaan susah, kemudian dengan datangnya orang tersebut menghiburku maka hilanglah segala kesusahanku."

Dalam kitab Haqqi An-Nazili dijelaskan bahwa ada 6 khasiat dalam mengamalakan Surah Al-Isyirah, sebagai berikut:

1. Barang siapa orang yang suka mengamalkan Surah Al-Insyirah disetiap sholat lima waktu, maka Allah akan memberi kemudahan dalam urusannya dan akan memudahkan kesusahannya dan memberi rezeki dari hal yang tidak terduga.

Baca juga:  6 Inspirasi Nama Islami untuk Bayi Kembar Lengkap dengan Artinya

2. Siapa yang membaca Surah Al-Insyirah disetiap selesai melaksanakan sholat sebanyak 9 kali, maka Allah akan menghilangkan kesulitan dari orang tersebut dan akan dimudahkan rezekinya.

3. Barang siapa yang membaca Surah Al-Insyirah disetiap selesai melaksanakan sholat sebanyak 40 kali selama 7 hari berturut-turut, maka Allah akan mencukupi kebutuhan orang tersebut dan tidak perlu diragukan lagi.

4. Barang siapa yang mengharapkan sesuatu maka bacalah Surah Al-Insyirah dan laksanakanlah sholat hajat kepada Allah SWT, maka insya Allah atas izin Allah SWT akan segera dikabulkan hajatnya.

5. Barang siapa membaca surah Al-Insyirah 200 kali, maka orang tersebut akan melihat kejadian yang ada dalam dirinya.

6. Siapa orang yang membaca Surah Al-Insyirah untuk mendapatkan segala yang dicita-citakan dan menjauhi segala yang kita takutkan, dibaca sebanyak 700 kali atau jika mampu sebanyak 1.000 kali disertai dengan membaca basmallah sampai tercapainya hal yang diinginkan tersebut.

 

Berikut cara untuk mengamalkan Surah Al-Insyirah:

1. Dibaca setiap selesai melaksanakan sholat 5 waktu sebanyak 9 kali atau 40 kali di tambah dengan membaca sholawat minimal 11 kali.

2. Setiap selesai sholat hajat dibaca sebanyak 152 kali ditambah dengan membaca sholawat minimal 11 kali.

3. Amalkan setelah selesai sholat dhuha sebanyak 200 kali ditambah dengan membaca sholawat minimal 11 kali.

4. Terakhir dawamkan setiap malam sebanyak 100 kali ditambah dengan membaca sholawat minimal 11 kali.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya