Amalan bagi Pedagang dan Petani agar Dilancarkan Usahanya oleh Allah

Pristia Astari, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 618 2244717 amalan-bagi-pedagang-dan-petani-agar-dilancarkan-usahanya-oleh-allah-dfmc3Ah1v0.jpg ilustrasi (stutterstock)

REZEKI memang sudah diatur oleh Allah SWT, termasuk dalam berdagang. Selain usaha, kita juga harus turut serta memanjatkan doa agar diberi kelancaran oleh Allah SWT.

Allah SWT sudah mengatur rezeki tiap orang berbeda-beda. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk berdagang sebagai salah satu cari mencari rezeki, karena beliau dikenal sebagai pebisnis sukses sebalum diangkat jadi Rasul.

Dalam dagangan, ada banyak barang yang dapat dijual mulai dari pelayanan atau jasa, barang, keterampilan, karya seni atau sebagainya.

Baca juga: Amalkan Doa Ini Sebelum Mulai Kerja agar Rezekinya Lancar Jaya

Rasulullah SAW juga menganjurkan berdagang tidak harus mempuyai untung banyak, namun yang utama dapat membuat para pelanggan puas.

Dikutip dala buku ‘Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezaki’ Karya KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, berikut doa dan amalan penglaris usaha:

Amalan bagi Pedagang:

- Ketika akan berangkat berdagang bacalah syahadat dengan menghadap kiblat barat kali, ke arah timur 3 kali, ke arah selatan 3 kali, ke arah utara 3 kali, menghadap ke atas 3 kali, dan menghadap ke bawah 3 kali.

أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله

Asyhadu an-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah

Artinya : Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah

Ketika akan belanja

- bacalah syahadat 24 kali sebelum memastikan membeli barang belanjaan.

Amalan bagi petani:

Bacalah basmallah sebanyak 1.000 kali untuk mendapatan hasil panen yang melimpah. Dibaca ketika akan memulai menanam atau ketika panen, agar hasilnya melimpah.

Lalu, dilanjutkan dengan membaca doa:

Bismillahir rahmanir rahiimi allahumma shalli ‘alla muhammadiw wa’allaa aali muhammadin asyahadu alla ilaaha illallahu wa asyhadu anna Muhammad darasulullahi.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Yaa Allah sanjungkanlah Nabi Muhammad dan atas keluarga Nabi Muhammad. Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku besaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul Allah.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini