Doa Nabi Ibrahim agar Memiliki Anak Saleh dan Salehah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 618 2246373 doa-nabi-ibrahim-agar-memiliki-anak-saleh-dan-salehah-6irIMaynQX.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ANGGOTA Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustadz Candra Lubis mengatakan, terdapat salah satu ayat Alquran yang membahas doa dan pernah dibaca oleh Nabi Ibrahim 'Alaihissalam.

"Doa ini bisa dibaca oleh setiap muslim agar anak saleh dan salehah," katanya saat ditemui Okezone di Kantor Pusat MUI, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Adapun doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

(Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du'a’).

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku," (QS. Ibrahim ayat 40).

"Kalau ingin anaknya menjadi saleh dan salehah, bisa baca doa itu. Salah satunya ada di Alquran juga disebutkan doa Nabi Ibrahim," terang Ustadz Candra.

Baca juga: Berkah Sedekah: Utang Rp300 Juta Terlunasi, Kini Punya Puluhan Rumah

Ustadz Candra menuturkan, doa tersbut dapat diamalkan di waktu-waktu mustajab. Seperti setelah sholat fardhu atau lima waktu, hingga di sepertiga malam usai Sholat Tahajud dan Sholat Hajat.

Lebih lanjut, sudah menjadi kewajiban kedua orangtua mendoakan anaknya agar tumbuh baik, saleh dan salehah, kelak ketika sudah dewasa bisa menjadi orang yang sukses serta bahagia.

Selain itu, doa orangtua adalah salah satu yang paling mustajab. Seperti dalam salah satu riwayat hadist, Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

ثلاثُ دَعَواتٍ لا تُرَدُّ : دعوةُ الوالدِ ، و دعوةُ الصائمِ ، و دعوةُ المسافرِ

Artinya: "Ada tiga doa yang tidak tertolak: (1) doa orangtua (kepada anaknya) (2) orang orang yang berpuasa (3) doa orang yang sedang safar," (HR. Al Baihaqi dalam Sunan-nya no. 6619, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini