Viral Foto Sajadah Jadul Ternyata Gambarnya Masjidil Haram dan Hagia Sophia

Rizka Diputra, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 614 2250254 viral-foto-sajadah-jadul-ternyata-gambarnya-masjidil-haram-dan-hagia-sophia-MLQb5SMvRg.JPG Sajadah jadul bermotif gambar Masjidil Haram dan Hagia Sophia (Foto: Instagram/@azzamizzulhaq)

SEBUAH postingan foto yang menampakkan sajadah jadul mendadak menyita perhatian warganet. Sajadah dengan bermotif gambar Masjidil Haram dan Hagia Sophia itu sempat populer era 1940-1990an.

Mungkin saja bagi mereka generasi old masih menyimpannya di rumah. Sajadah jadul ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @azzamizzulhaq pada Senin 20 Juli 2020.

"Sadarkah kita bahwa gambar masjid di sebelah Masjidil Haram itu adalah Aya Sofya (Hagia Sophia)?" tulis Azzam pada keterangan foto.

Ia menjelaskan, upaya agar Aya Sofya diingat oleh umat Islam sebagai masjid (bukan sebagai museum) dilakukan dengan berbagai macam cara sejak lama. Termasuk dengan 'mind engineering' melalui desain pesan secara tersembunyi melalui sajadah tersebut.

Baca juga: Joe Biden Ingin Sekolah-Sekolah di Amerika Ajarkan Banyak tentang Islam

"Itulah kenapa, pada saatnya Aya Sofya alias Hagia Sophia menjadi masjid kembali, kita merasa tak asing lagi bahkan ada luapan kegembiraan yang begitu luar biasa dari hampir seluruh umat Islam di dunia. Terlebih adalah dari umat Islam yang pernah memiliki dan atau shalat menggunakan sajadah dengan desain seperti ini," tuturnya.

Sajadah Jadul

Menurut dia, upaya difungsikannya Aya Sofya sebagaimana amanah Muhammad Al Fatih di tahun 1453 sebagai masjid adalah memang perjuangan dan perjalanan panjang.

Di tempuh dengan berbagai macam cara dan berbagai lini dan sendi kehidupan. Bukan instan ataupun secara tiba-tiba.

"Entah siapa yang memulai desain sajadah ini. Namun, sajadah dengan desain seperti ini bukan saja menyebar di Indonesia saja. Melainkan juga di belahan negeri-negeri muslim yang lain. Dari Maroko hingga Merauke," kata Azzam di akhir postingannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Unggahan foto sajadah jadul ini lantas mengundang reaksi warganet. Berikut di antara komentar mereka:

"Kangen masa2 ini ya ustadz.. damai bener dulu," tulis pemilik akun @balq79.

"Alhamdulillah pernah punya sampe pudar warnanya... Baru tau ternyata itu masjid ayasofya kirain al aqso," tulis akun @indrawan1962.

"Alhamdulillah masih menyimpan sajadah spt itu, kadang masih dipakai juga," ucap @susywardoyo.

"Wuih..emang sajadah legend tadz," tulis @kristi.satyasih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya