Kue Klepon Dibilang Tak Islami, Abu Hurairah Bereaksi

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 614 2250381 kue-klepon-dibilang-tak-islami-abu-hurairah-bereaksi-g1oVFuMVFC.jpg Kue klepon diedit dengan sorban sebagai reaksi atas tuduhan tidak Islami (Twitter @bisajalan)

KUE Klepon mendadak viral setelah ada orang yang menuduh penganan khas Indonesia ini tidak Islami dan mengajak beralih ke makanan Arab seperti kurma.

Warganet pun heboh. Mereka ramai memperbincangkan klepon di media sosial. Ada yang berkomentar nyeleneh bahkan membagikan meme kue klepon dengan balutan sorban, kerudung, bahkan peci. Ada juga yang menanggapi serius dan mengkhawatirkan perkembangan aliran Islam yang ke “Arab-araban”.

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam ikut menanggapi soal tudingan kue klepon tak Islami.

Ia mengatakan pada dasarnya klepon memang tidak dikonsumsi Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam atau bangsa Arab lainnya. Namun bukan berarti kue tradisional ini bisa dijudge tidak Islami.

“Seandainya Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam diutus ke Indonesia mungkin makanan favorit beliau ya klepon,” katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (22/7/2020).

ilustrasi

Menurutnya, menganggap klepon sebagai makanan yang tidak sesuai dengan syariah merupakan pemikiran sempit. Selain itu orang yang menyebarkan isu tersebut harus belajar pengetahuan agama lagi.

“Ini adalah alasan yang sangat sempit sekali. Bahwasannya orang yang beralasan seperti itu pengetahuan agamanya sangat dangkal sekali. Mereka perlu belajar lagi tentang ilmu fikih dan ilmu ushul fikih,” terangnya.

Baca juga: Heboh Kue Klepon Tak Islami, Lihat Reaksi Kocak Netizen

Lebih lanjut, penilaian atau label apakah makanan itu halal atau tidak tergantung sifatnya atai bahan-bahannya. Jika bersumber dari sesuatu yang baik, maka apapun itu dibolehkan atau mubah.

Lain halnya, apabila klepon itu terbukti terdapat unsur yang buruk maka bisa jadi diharamkan, dan umat Islam dilarang untuk mengonsumsinya.

“Saya ingin mengetahui, alasan mereka yang mengatakan bahwasannya klepon itu adalah makanan yang tidak Islami, karena ini penting,” pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya