Kue Klepon Tidak Islami? Ah Itu Hanya Sensasi Saja

Pristia Astari, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 614 2250495 kue-klepon-tidak-islami-ah-itu-hanya-sensasi-saja-4RDHMjunry.jpg ilustrasi (stutterstock)

KUE klepon mendadak nangkring di trending topic Twitter karena ramai diperbincangkan pasca-ada yang menuduh penganan khas nusantara ini tidak Islami. Warganet menanggapi beragam, mulai dari nyeleneh hingga serius.

Ketua Program Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Pontren Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki ikut berkomentar terkait viralnya kue klepon tidak Islam.

“Itu cuma buat sensasi saja,” katanya saat diminta tanggapan oleh Okezone terkait tudingan kue klepon tidak Islami, Rabu (22/7/2020).

 ilustrasi

Rakhmad menegaskan bahwa kue klepon adalah makanan halal. “Makanan klepon tidak haram karena bahannya tidak dari bahan yang haram,” ujarnya.

Kue klepon diketahui terbuat dari bahan seperti tepung beras, tepung ketat, gula merah, dan kelapa.

 Baca juga: Kue Klepon Tak Islami Hoax, Ini Hukum bagi Penyebar Berita Bohong

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam heran dengan orang yang memvonis kue klepon tidak Islami, hanya karena bukan makanan yang pernah dicicipi Rasulullah atau berasal dari Arab.

“Ini adalah alasan yang sangat sempit sekali. Bahwasannya orang yang beralasan seperti itu pengetahuan agamanya sangat dangkal sekali. Mereka perlu belajar lagi tentang ilmu fikih dan ilmu ushul fikih,” katanya.

“Saya ingin mengetahui, alasan mereka yang mengatakan bahwasannya kelpon itu adalah makanan yang tidak Islami, karena ini penting,” sebut Abu Hurairah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya