Jangan Berhenti Berzikir di Bulan Dzulhijjah, Ini Manfaatnya

Rifky Maulana Husain, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 330 2250959 jangan-berhenti-berzikir-di-bulan-dzulhijjah-ini-manfaatnya-WWSfMPfKWy.jpg Ilustrasi berzikir. (Foto: Shutterstock)

DI bulan Dzulhijjah ini marilah melakukan amalan-amalan yang sudah diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Amalan tersebut bisa berupa zikir, puasa, atau berkurban. Apabila dilakukan niscaya mendapat banyak pahala dan dijauhkan dari api neraka.

Pada amalan berzikir, berarti mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala, maka akan meraih ampunan serta pahala yang sangat besar. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: "Dan kaum lelaki yang banyak mengingat Allah demikian pula kaum perempuan, maka Allah persiapkan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar." (QS Al Ahzab: 35)

Baca juga: Cerita di Balik Pemilihan Warna Kain Kiswah Penutup Kakbah 

Kemudian apabila melakukan zikir di bulan yang suci seperti Dzulhijjah ini maka akan dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, seperti disebutkan dalam hadis riwayat Ahmad:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

Artinya: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal salih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya." (HR Ahmad)

Allah Subhanahu wa ta'ala lebih menganjurkan umatnya beribadah seperti berzikir pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah, seperti diterangkan Imam An-nawawi dalam Kitab Al Adzkar:

واعلم أنه يستحب إكثار من الأذكار في هذا العشر زيادة على غيره ويستحب من ذلك في يوم عرفة أكثر من باقى العشر

Artinya: "Ketahuilah bahwa disunahkan memperbanyak zikir pada sepuluh awal Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak zikir pada Hari Arafah sangat disunnahkan."

Baca juga: Ini Lho Keistimewaan Orang yang Meninggal dalam Keadaan Sujud 

Selain itu dalam hadis riwayat Ahmad disebutkan:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ

Artinya: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal salih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya." (HR Ahmad)

Ada beberapa manfaat dari berzikir menurut penjelasan dalam Alquran dan hadis. Berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dikutip dari Muslim.or.id, Kamis (23/7/2020):

"Ketahuilah, sesungguhnya keutamaan zikir itu tidak terbatas kepada tasbih, tahlil, tahmid, takbir dan semacamnya. Akan tetapi, setiap orang yang beramal ikhlas karena Allah Ta’ala dengan melakukan ketaatan maka dia adalah orang yang berzikir kepada Allah Ta’ala. Demikianlah yang dikatakan oleh Sa’id bin Jubair Radhiyallahu anhu dan para ulama yang lain. Atha rahimahullah mengatakan, "Majelis zikir adalah majelis halal dan haram, yang membicarakan bagaimana menjual dan membeli, bagaimana sholat, menikah, thalaq, haji, … dan sebagainya." (Shahih Al Adzkar halaman 18)

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Makan Buah Sebelum Makan Ternyata Ajaran Rasulullah Lho 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya: "Tidaklah ada suatu kaum yang duduk untuk berzikir kepada Allah Ta’ala melainkan malaikat akan meliputi mereka dan rahmat akan menyelimuti mereka, dan akan turun kepada mereka ketenangan, dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisi-Nya." (HR Muslim)

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا قَالُوْا وَمَا رِيَاضُ الجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

Artinya: "Apabila kalian melewati taman-taman surga maka singgahlah." Maka para sahabat bertanya, "Apa yang dimaksud taman-taman surga itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Halakah-halakah zikir, karena sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki malaikat yang berkeliling untuk mencari halakah-halakah zikir. Apabila mereka datang kepada orang-orang itu, maka mereka pun meliputinya." (HR Abu Nu’aim dalam Al Hilyah dan dihasankan oleh Syekh Salim dalam Shahih Al Adzkar halaman 16)

Wallahu a'lam.

Baca juga: Puasa Arafah atau Bayar Utang Ramadhan Dulu Ya? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini