Kisah Nabi Yakub Sembuh dari Katarak Sempat Diteliti Ilmuwan, Hasilnya Mencengangkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 614 2251519 kisah-nabi-yakub-sembuh-dari-katarak-sempat-diteliti-ilmuwan-hasilnya-mencengangkan-hxmosQpBy9.jpg ilustrasi (stutterstock)

SEBAGIAN orang ada yang memiliki katarak di matanya, hal membuat penglihatan menjadi terganggu dan kesulitan untuk beraktifitas. Berbagai cara dilakukan, operasi mata misalnya. Namun tahukah kalian, bahwa keringat dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Dikutip dari buku pintar ‘Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ karya Dr. Nadiah Thayyarah, berawal dari kisah Nabi Yakub Alaihissalam, matanya tidak bisa melihat karena terkena katarak.

Baca juga:  5 Peristiwa Penting di Bulan Dzulhijjah, Kakbah Dibangun hingga Nabi Adam Diampuni

Kemudian Nabi Yakub pun mengambil gamis yang berkeringat hadiah dari putranya Nabi Yusuf Alaihissalam, lalu mengusapkan ke wajahnya dan ia pun langsung bisa melihat lagi. Kisah ini pun tertulis di dalam Alquran, yakni di Surah Yusuf.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

ٱذْهَبُوا۟ بِقَمِيصِى هَٰذَا فَأَلْقُوهُ عَلَىٰ وَجْهِ أَبِى يَأْتِ بَصِيرًا وَأْتُونِى بِأَهْلِكُمْ أَجْمَعِينَ

Iż-habụ biqamīṣī hāżā fa alqụhu 'alā waj-hi abī ya`ti baṣīrā, wa`tụnī bi`ahlikum ajma'īn

Artinya: "Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah dia kewajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku" (QS.Yusuf:93).

فَلَمَّآ أَن جَآءَ ٱلْبَشِيرُ أَلْقَىٰهُ عَلَىٰ وَجْهِهِۦ فَٱرْتَدَّ بَصِيرًا ۖ قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكُمْ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مِنَ ٱللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Fa lammā an jā`al-basyīru alqāhu 'alā waj-hihī fartadda baṣīrā, qāla a lam aqul lakum innī a'lamu minallāhi mā lā ta'lamụn

 

Artinya: "Tatkala telah tiba pembawa kabar gembira itu, maka diletakkannya baju gamis itu ke wajah Ya'kub, lalu kembalilah dia dapat melihat. Berkata Ya'qub: "Tidakkah aku katakan kepadamu, bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya" (QS. Yusuf:96).

Kedua ayat tersebut mengisyaratkan bahwasannya Allah Subhanahu wa ta’ala mengembalikan penglihatan Nabi Yakub setelah ia mengusapkan baju Nabi Yusuf ke wajahnya.

Peristiwa bersejarah yang terjadi ribuan tahun silam tersebut mendorong ilmuwan Mesir untuk mengungkap rahasia di balik kesembuhan mata Nabi Yakub.

Padahal baju Nabi Yusuf tidak mengandung apa-apa, terkecuali keringatnya. Percobaan ilmiah pertama kali dilakukan terhadap hewan. Kemudian terhadap manusia.

Lalu salah seorang ilmuwan Mesir mencoba mengeluarkan lensa mata melalui operasi. Kemudian lensa tersebut direndam dengan keringat. Setelah direndam, terjadi perubahan secara bertahap terhadap lensa itu. Hampir 90 persen penyembuhan katarak berhasil dilakukan dengan keringat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini