Burung Jadi Inspirasi bagi Manusia, Tercatat dalam Alquran dan Diakui Sains

Ade Naura, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 614 2258555 burung-jadi-inspirasi-bagi-manusia-tercatat-dalam-alquran-dan-diakui-sains-Z2pGAVZClg.jpg ilustrasi burung (stutterstock)

MAKHLUK hidup diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala banyak ragam dan memiliki ciri khusus serta kemampuan berbeda-beda. Manusia misalnya punya kemampuan dan bentuk wajah berbeda satu sama lain, begitu juga dengan hewan.

Dari sekian banyak hewan, salah satu yang sering disebut dalam Alquran adalah burung. Seiring zaman yang berkembang, ilmu sains juga mempelajari tentang burung. Seperti pembentukan tubuh pada burung, apa yang dimakan, kemampuan burung, dan lainnya.

Dalam penjelasan video yang disarikan dari buku ‘Tafsir Ilmi, Hewan dalam Perspektif Alquran dan Sains’ seperti dikutip dari siar channel Youtube Lajnah Kemenag, Jumat (7/8/2020), seekor burung ternyata bisa menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari-hari Muslim.

Baca juga:  Api Muncul di Dasar Lautan, Fenomena Tertulis dalam Alquran dan Terbukti Adanya

Seperti firman Allah dalam Alquran Surah An Nahl ayat 79:

أَلَمْ يَرَوْا۟ إِلَى ٱلطَّيْرِ مُسَخَّرَٰتٍ فِى جَوِّ ٱلسَّمَآءِ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا ٱللَّهُ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: “Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.”

Betapa indahnya kebesaran Allah dengan menciptakan hewan seperti burung. Tidak lebih dari 11 kali burung disebutkan dalam Alquran. Burung bisa terbang dan lepas landas hingga mendarat dengan baik, itu semua anugerah dari Allah. Sepertinya, Allah ingin kita mendapatkan pelajaran dari hewan kecil ini.

Burung adalah hewan yang hampir seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu, bersayap, berkaki dua, berdarah panas, berkembang biak dengan bertelur, dan bertulang belakang. Burung adalah kelompok bertulang belakang paling besar.

Burung adalah hewan yang berbobot ringan,ototnya kuat, inilah bagaimana mereka bisa bertahan di udara dengan berbagai manuvernya. Serta burung adalah hewan yang ringan dan tangguh.

Dengan segala kemampuan burung yang unik ini, tentu seiring bertambahnya tahun sejak zaman dahulu, menginspirasi para manusia untuk menciptakan suatu teknologi seperti pesawat.

Burung juga adalah hewan yang dapat menentang gaya gravitasi, inilah mukjizat Allah yang diberikan kepada burung. Burung dapat terbang naik turun di udara, bahkan anak burung yang baru lahir dan tidak tahu soal hukum terbang akan menjatuhkan dirinya dari pohon, seolah ia tahu bahwa ia diciptakan untuk bisa terbang.

 

Subhanallah, inilah salah satu bukti otentik, kebenaran firman Allah dalam Alquran Surah Al Mulk ayat 19:

أَوَلَمْ يَرَوْا۟ إِلَى ٱلطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صَٰٓفَّٰتٍ وَيَقْبِضْنَ ۚ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا ٱلرَّحْمَٰنُ ۚ إِنَّهُۥ بِكُلِّ شَىْءٍۭ بَصِيرٌ

Artinya: “Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.”

Banyak jenis burung yang hidup di seluruh bagian bumi ini, dengan memiliki bentuk, warna yang berbeda. Namun dengan semua itu, kita bisa mengambil banyak pelajaran dari hewan burung ini. Ada dua hal penting yang bisa kita teladani dari burung.

1. Gigih dan Tawakal

Setiap pagi buta burung akan terbang untuk mencari makanan. Mereka gigih tanpa mengeluh dalam melakukan itu hingga sore hari. Itulah tawakal yang benar seperti yang dikatakan oleh Rasulullah dalam hadist riwayat Imam Ahmad:

“ Sungguh, jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, pasti Allah memberi rezeki kepada kalian sebagaimana Allah memberikan rezeki kepada burung yang selalu keluar di pagi buta dengan tembolok yang kosong, dan kembali ke sarang di sore hari dengan tembolok penuh dengan makanan.”

2. Menginspirasi

Burung adalah inspirator sejati, dari sisi keindahan, nyanyian dan kemampuanterbangnya. Seperti burung hud-hud menjadi informan loyal Nabi Sulaiman A.S dalam Surah An Naml ayat 20-27.

Dan juga burung gagak dalam Surah A Maidah ayat 31 tentamg dua ekor burung gagak yang dikirim Allah untuk menginspirasi Qabil putra Nabi Adam A.S, mengenai tata cara penguburan jenazah saudara kembarnya Habil atas pembunuhan pertama di dunia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini