Masjid Unik Berbentuk Bulan Bintang Resmi Dibuka, Langsung Digelar Sholat Jumat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 614 2258593 masjid-unik-berbentuk-bulan-bintang-resmi-dibuka-langsung-digelar-sholat-jumat-pVdfrRysCe.jpg Masjid Yukari Takke ay Yildiz dengan arsitektur bulan dan bintang di Sivas, Turki (IHA Photo/Daily Sabah)

TURKI kini memiliki masjid dengan desain unik dan megah berbentuk bulan sabit dan bintang. Masjid Yukari Takke ay Yildiz yang terletak di Propinsi Sivas ini dibuka untuk kali pertamanya pada Jumat 7 Agustus 2020 dan langsung digunakan untuk pelaksanaan Sholat Jumat.

Dilansir dari Daily Sabah, Jumat (7/8/2020), masjid ini pembangunannya dimulai sejak 2017 dan kelar pada bulan ini langsung dibuka untuk umum.

Masjid Yukari Takke ay Yildiz mampu menampung 3.500 jamaah di bagian dalamnya. Sementara untuk halamannya berkapasitas 4.900 orang.

Baca juga:  4 Peristiwa Besar Terjadi di Hari Jumat, Nomor Terakhir Paling Mengerikan 

Masjid dengan arsitektur berbentuk bulan sabit dan bintang ini yang peratama di Turki. Baru-baru ini masjid tersebut telah selesai memasang karpet, yang nantinya dapat digunakan sholat oleh para jamaah muslim.

Ornamen-ornamen Masjid Yukari Takke Ay Yildiz dikerjakan oleh kelompok wanita Turki yang telah mengikuti kursus di Sivas. Hiasan yang mempercantik masjid ini dibuat berupa lukisan huruf-huruf Arab, dihiasi seni filografi.

 

Kini keberadaan masjid di Turki semakin menarik, karena sebelumnya Hagia Sophia pun telah resmi dijadikan masjid oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Sama seperti Masjid Yukari Takke ay Yildiz, Hagia Sophia pun mengawali pembukaan menjadi masjid yaitu dengan melakukan sholat Jumat bersama hampir semua uamt Islam di Turki.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini