Milad Ke-45, MUI Perkokoh Dakwah dan Toleransi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 614 2258906 milad-ke-45-mui-perkokoh-dakwah-dan-toleransi-F3YotncdoM.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin mengapresisi Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang masih kompak dan kokoh di usia ke-45, meski terdiri dari berbagai ormas Islam dengan segala perbedaan. MUI diharapkan terus membimbing umat.

"MUI sudah berumur 45 tahun dan masih sehat, masih bugar, masih kompak masih kokoh. Ini sesuatu yang tidak mudah padahal MUI ini terdiri dari berbagai macam ormas Islam yang tentu ada perbedaan, ada kesamaan tetapi kita dengan izin Allah dan dengan kemampuan yang kita lakukan kita masih bisa mengelola ini masih tetap utuh," kata Ma’ruf dalam sambutannya saat perayaan Milad ke 45 MUI secara virtual, Jumat (7/8/2020) malam.

Baca juga:  Rais Aam PBNU: MUI Harus Merajut Benang Perbedaan Menjadi Pakaian Indah

Selain itu, perlunya membangun dan meperkuat toleransi antar sesama khususnya umat beragama. Hal ini penting untuk memperkuat keutuhan bangsa, negara dan agama.

"Perlunya kita membangun kesamaan adanya toleransi," ujar Kiai Ma’ruf yang masih menjabat Ketua Umum MUI.

Kemudian, Ketua MUI Pusat KH. Muhyiddin Junaidi mengatakan, MUI memasuki usia sempurna karena umurnya sudah di atas 40.

"Umur 40 tahun adalah umur yang sempurna umur di mana manusia menikmati kesempurnaan cara berpikir kesempurnaan bersikap dan bertindak," katanya.

Selain itu banyaknya fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI, di mana hal tersebut untuk membimbing umat ke arah yang lebih baik.

"Banyak fatwa-fatwa yang sifatnya adalah memberikan petunjuk, memberikan pedoman kepada bangsa dan umat Islam Indonesia,"ujarnya.

Sementara itu Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi menuturkan, dengan peringatan milad MUI ke 45 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali komitmen

"Dan jati diri sebagai wadah ulama dan cendekiawan muslim untuk meneguhkan peran, dan fungsinya melakukan serta tauhidul Ummah," tuturnya.

 

Selain itu, MUI juga dapat terus menyampaikam dakwah dan pesan-pesan Islam kepada umat sebagai tantangam zaman di era digital ini.

"MUI terus berhikmah, menyampaikan pesan-pesan mulia ajaran Islam yang luhur kepada umat melalui jalan dakwah dan tarbiyah," ucapnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini