Ayo Besok Puasa Senin-Kamis, Pahala Besar hingga Kesehatan Bakal Diraih

Minggu 09 Agustus 2020 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 614 2259488 ayo-besok-puasa-senin-kamis-pahala-besar-hingga-kesehatan-bakal-diraih-0mIAEq26UN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PUASA Senin-Kamis memiliki keutamaan besar bagi yang menunaikannya. Selain mengikuti sunah Rasulullah Shallallahu laihi wa sallam yang menghasilkan ganjaran pahala besar, juga memberikan kesehatan bagi tubuh. Selain hal-hal tersebut, masih banyak manfaat lainnya yang tidak ternilai.

Puasa Senin-Kamis sendiri adalah ibadah sunah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Sebab pada hari Senin dan Kamis, amal salih seorang mukmin dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Nabi Muhammad ingin amalannya dihadapkan kepada Allah Ta'ala ketika sedang berpuasa.

Baca juga: Saudi Kirim 200 Ton Bantuan untuk Korban Ledakan di Beirut Lebanon 

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Usamah bin Zaid. Ia berkata:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

"Aku berkata kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, 'Wahai Rasulullah, Engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira Engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang Engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.' Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bertanya, 'Apa dua hari tersebut?' Usamah menjawab, 'Senin dan Kamis.' Lalu Beliau bersabda, 'Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (kepada Allah Subhanahu wa ta'ala). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa'." (HR An Nasai Nomor 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan)

Kemudian riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

"Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi Nomor 747. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu sahih dilihat dari jalur lainnya)

Baca juga: 5 Adab Bertamu: Mengetuk Pakai Kuku hingga Tidak Menghadap Pintu 

Berikut ini lima manfaat bagi Muslimin yang menjalankan puasa Senin-Kamis sebagaimana rutin dilakukan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

1. Menambah amal salih

Berpuasa mendorong kaum Muslimin untuk lebih memperbaiki diri dan memperbanyak amal salih. Muslimin juga akan terdorong melakukan berbagai amalan yang bakal mendatangkan pahala dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

2. Meningkatkan rasa syukur

Melalui berpuasa maka umat Islam akan merasakan penderitaan orang yang kelaparan dan kekurangan. Oleh karena itu, puasa membuat kaum Muslimin semakin merasa lebih beruntung daripada orang lain yang kekurangan, termasuk kekurangan pangan akibat miskin maupun perang seperti di negara-negara konflik.

Baca juga: Kisah Cucu Nabi Merasa Cukup Pemberian dari Allah Ta'ala, Patut Ditiru 

3. Melatih kesabaran

Dengan berpuasa maka saat seseorang emosi dan ingin marah, bisa meredam perasaan itu. Sebab, seorang mukmin menjadi ingat jika sedang melaksanakan ibadah berpuasa dan tidak ingin batal.

4. Melatih disiplin

Muslimin yang berpuasa sejatinya melatih disiplin diri, sebab harus bangun sebelum fajar untuk melaksanakan sahur. Kemudian ia wajib menahan hawa nafsu ketika melihat makanan yang lezat pada siang hari. Muslim tersebut berusaha disiplin agar puasanya tidak sia-sia atau bahkan batal.

Baca juga: Dekat dengan Ayahnya, Ustadz Khalid Basalamah Ikuti Jiwa Berdagang 

5. Membuang racun di tubuh

Selama menjalani puasa Senin-Kamis, tubuh seorang Muslim secara otomatis mengalami detoksifikasi. Ia akan terhindar dari racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Ketika puasa, lemak di dalam tubuh dibakar menjadi energi, maka racun pada lemak ikut dibebaskan sehingga detoksifikasi tubuh terjadi.

Racun di dalam tubuh dibuang dengan bantuan hati, ginjal, serta organ-organ lainnya sehingga tubuh dibersihkan dari racun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini