Semua Masalah Insya Allah Tuntas dengan Membaca Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 618 2267416 semua-masalah-insya-allah-tuntas-dengan-membaca-doa-ini-t6jvLDdZak.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP manusia pasti menghadapi masalah dalam hidupnya. Ujian atau cobaan diberikan kepada manusia untuk mengukur derajat kesabarannya, apakah ia akan melibatkan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menemukan solusi atas masalahnya atau tidak. Dengan bersabar dan ikhlas atau ridho atas ujian itu maka derajat seseorang akan ditinggikan oleh Allah 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin berujar bahwa masalah yang dihadapi manusia diberikan Allah sesuai dengan kemampuan hambanya masing-masing.

"Setiap manusia mempunyai kadar masing-masing yang ditetapkan Allah SWT, terkait persoalan atau masalah hidup, dan berdoa kepada Allah adalah salah satu kunci menghadapinya," kata Ustadz Ainul saat berbincang dengan Okezone, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Inilah Sahabat Sejati yang Kelak Menemanimu di Alam Kubur

Ada doa yang bisa dibaca umat muslim manakala ia menghadapi masalah dan berharap menemukan solusi atau jalan keluarnya. Berikut ini doanya:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

(Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yami inii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii).

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku," (HR. Ahmad 4785, Abu Daud 5074, Ibnu Majah 3871).

Ustadz Ainul menambahkan, masalah sejatinya dihadapi, bukan malah dihindari. Kewajiban kita sebagai seorang muslim tentunya jangan berputus asa dari rahmat Allah dan senantiasa bertakwa kepadaNya.

"Tidak ada kesusahan dan kesulitan jika Allah bersama kita," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini