Yuk Sering-Sering Baca Ayat Kursi, Jaminannya Surga Lho

Ade Naura, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 330 2268382 yuk-sering-sering-baca-ayat-kursi-jaminannya-surga-lho-FBKsbPUV9R.JPG Syekh Ali Jaber (Foto: Instagram/@syekh.alijaber)

BANYAK amalan yang bisa kita lakoni sebagai muslim untuk meraih ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hamba yang diridhai Allah tentu jaminannya adalah menjadi ahli surga.

Salah satu amalan itu ialah membaca Ayat Kursi. Ayat Kursi ialah bagian ayat dalam Alquran tepatnya Surah Al-Baqarah ayat 255.

“Salah satu ayat dalam Alquran ada ayat yang paling agung. Kenapa ayat itu yang paling agung di dalam Alquran? Karena di dalamnya ada Al-Hayyu Qayum,” terang dai kondang Syekh Ali Jaber, dikutip dari channel YouTube, Official RCTI.

Baca juga: Penuhi Syarat Ini jika Doamu Ingin Dikabulkan Allah

Adapun bunyi Ayat Kursi yaitu:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar," (QS. Al-Baqarah: 255).


Ayat Kursi ialah ayat yang paling agung, biasa juga disebut "Ayat Singgasana". Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap habis sholat, tidak ada sesuatu yang mampu menghalanginya masuk surga kecuali menunggu mati,".

"Dengan membaca Ayat Kursi satu kali saja sehabis sholat, bisa menjaminkan kita masuk surga. Bahkan siapa yang membaca Ayat Kursi sebelum tidur, akan dijaga oleh Allah dari segala bahaya. Gangguan jin, setan, makhluk halus, termasuk mimpi buruk. Kita membaca Ayat Kursi yang di dalamnya ada nama Allah yang paling agung, akan dilindungi kita dari segala bahaya oleh Allah," tutur Syekh Ali Jaber.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya: "Barangsiapa mengerjakan amal saleh baik laki-laki mau­pun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik," (QS. An-Nahl: 97).

“Yang dimaksud baik adalah sehat, bahagia, jauh dari bala dan musibah, dikabulkan hajatnya, dimudahkan urusannya, semuanya jadi beres. Karena kita mendapatkan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Hidup memberikan kehidupan yang baik,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini