Masjid di Mesir Kembali Gelar Sholat Jumat, Khotbah Dibatasi 10 Menit

Salman Mardira, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 614 2268969 masjid-di-mesir-kembali-gelar-sholat-jumat-khotbah-dibatasi-10-menit-eEpVnXUEte.jpg Masjid Al Azhar di Kairo, Mesir (Foto Egypttoursportal)

DUBAI – Pemerintah Mesir mengizinkan kembali pelaksanaan Sholat Jumat di masjid. Sholat Jumat bisa digelar di masjid-masjid besar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19 secara ketat.

Koran lokal Al-Ahram Online melaporkan, kampanye nasional telah dilaksanakan untuk mendisinfeksi masjid dalam persiapan Sholat Jumat.

Baca juga: Berjimak dan Perbanyak Sedekah, Ini Keutamaan Amalan Saleh di Hari Jumat 

Melansir dari Arab News, Jumat (28/8/2020), Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengatakan selama Shalat Jumat, khotbah dibatasi hanya 10 menit.

Menurut langkah pencegahan yang ditetapkan oleh pemerintah, jamaah harus memakai masker setiap saat, menjaga jarak fisik dan menggunakan sajadah pribadi.

Orang-orang akan diizinkan memasuki masjid 10 menit sebelum sholat dan pintu akan ditutup segera setelah itu.

Sebelumnya pada Juni 2020, masjid-masjid di Mesir diizinkan untuk dibuka kembali untuk sholat harian untuk pertama kalinya pasca-ditutup sejak Maret. Namun, pelaksanaan Sholat Jumat tetap ditangguhkan.

Pemerintah Mesir melarang sholat di semua masjid di seluruh negeri sejak 21 Maret untuk membantu mengekang penyebaran virus corona.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini