Begini Niat Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 614 2270416 begini-niat-puasa-sunnah-ayyamul-bidh-7E1Q9PqkOC.jpg ilustrasi (stutterstock)

WAKIL Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram. Misalnya puasa sunah Ayyamul Bidh, yang memiliki banyak keutamaan serta keistimewaan di dalamnya.

“Puasa sunnah Ayyamul Bidh memiliki banyak keutamaan bagi yang menjalankannya,” katanya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Baca juga: 10 Fakta Pertempuran Karbala yang Harus Diketahui

Puasa sunah Ayyamul Bidh adalah puasa dilakukan pada tanggal 13,14 dan 15 pada bulan-bulan dalam kalander Hijriah. Puasa tengah bulan ini disebut juga dengan puasa putih, karena dikerjakan saat bulan di langit dalam keadaan penuh.

Dalil puasa ayyamul bidh tertera dalam hadis Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,"(HR Bukhari-Muslim).

Berikut ini niat puasa sunnah Ayyamul Bidh yang bisa dibaca saat malam hari, setelah sahur atau pagi hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala".

Selain menjalankan puasa sunnah, setiap muslim juga melaksanakan amalan saleh lainnya, seprti sedekah, memperbanyak zikir, membaca Alquran, membaca sholawat dan lainnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini