Ingin Mensucikan Hati dan Memperbaiki Akhlak, Silahkan Baca 6 Doa Ini

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 618 2317892 ingin-mensucikan-hati-dan-memperbaiki-akhlak-silahkan-baca-6-doa-ini-JlxXvjqr5A.jpg Berdoaalah dalam keadaan dan situasi apapun juga. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Doa adalah senjatanya para kaum muslim. Dalam keadaan apapun juga berdoa sangat dianjurkan karena membuat hati menjadi tenang, lapang dan bersabar.

Ustaz Imam Syuhada Al Iskandar Binmadhi dalam sebuah kajian tentang "Mensucikan Jiwa dengan Doa" menjelaskan enam doa untuk mensucikan hati dan memperbaiki ahlak dikutip pada Ahad (29/11/2020). Adapun enam doa itu yakni:

Baca Juga: Kalbu Mengeras karena Jauh dari Allah SWT

Doa ke 1

‘Allohumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal haromi, wa ‘adzaabil qobri. Allohumma aati nafsii taqwaahaa, wa zakkihaa anta khoiru man zakkahaa, anta waliyyuhaa wa mawlaahaa. Allohumma inni a’udzu bika min ‘ilmin laa yanfa’, wa min qolbin laa yakh-sya’, wa min nafsin laa tasyba’, wa min da’watin laa yustajaabu lahaa’.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kekikiran, ketuaan—kepikunan–, dan siksa kubur. Ya Allah, datangkanlah pada jiwaku ini ketakwaannya dan bersihkanlah ia. Engkaulah sebaik-baik yang dapat membersihkannya, Engkaulah Pelindungnya dan Rabbnya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan.(HR Muslim)

Doa ke 2

Yaa muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinik.

Artinya: Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu. (HR. At Tirmidzi)

Baca Juga: Bagaimana Muslimah Memastikan Selesai Haid untuk Sholat, Simak Penjelasan Ini

Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubanaa ‘ala tho’atik.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu.(HR. Muslim)

Doa ke 3

Allaahumma ahsanta kholqii fa-ahsin khuluqii.

Artinya: Ya Allah, Engkau telah memperbagus penciptaanku, maka baguskanlah akhlakku. (HR. Ahmad)

Doa ke 4

“Allaahummahdinii li-ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wash-rif ‘annii sayyi-ahaa, laa yash-rifu ‘annii sayyi-ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku kejelekan akhlak, tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau. (HR. Muslim)

Baca Juga: Agar Nikmat Hidup Bertetangga, Cintailah Tetangga

Doa ke 5

Allaahummahdinii li-ahsanil a’maal, wa ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wa qinii sayyi-al a’maal, wa sayyi-al akhlaaq, laa yaqii sayyi-ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku untuk berbuat amalan terbaik dan akhlak termulia, tidak ada yang bisa menunjuki untuk berbuat sebaik-baiknya kecuali Engkau. Dan lindungi kami dari jeleknya amalan dan jeleknya akhlak, dan tidak ada yang melindungi dari kejelekannya kecuali Engkau. (HR. An Nasa-i)

Doa ke 6

Allaahumma innii a’uudzu bika min munkarootil akhlaaq wal a’maal wal ahwaa’ wal adwaa’.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemungkaran akhlak, amal, hawa nafsu dan penyakit. (HR. At Tirmidzi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini