Bolehkah Rukyah Diri Sendiri, Begini Penjelasannya?

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 614 2325845 bolehkah-rukyah-diri-sendiri-begini-penjelasannya-igjcbltIoG.jpg Metode pengobatan rukyah diajarkan dalam Islam. (Foto:Metube/Ist)

JAKARTA - Rukyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (mata hasad), sengatan hewan, bisa, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin.

Metode ini sudah ada sejak lama, bahkan sampai ribuan tahun yang lalu. Proses rukyah ini pun juga menarik untuk disimak dan pelajari.

Baca Juga: Mau Sholat Jumat, Perhatikan 11 Hal Ini Agar Pahala Mengalir

Lalu bagaimana pengertian rukyah dalam Islam. Rukyah adalah doa-doa atau bacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan saat meminta pertolongan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dalam pengobatan atau pencegahan suatu penyakit (bala).

“Rukyah adalah benar. Pengobatan menurut Nabi adalah rukyah. Rukyah itu dengan mengambil berkah dari ayat suci Al-Qur’an. Di antaranya surah Al-Fatihah. Cukup sederhana rukyah. Dan itu ada di rukyah syar’i,” ujar Buya Yahya, dikutip dari Channel Youtube Al-Bahjah TV, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Mengapa Pria Muslim Diharamkan Pakai Perhiasan Emas dan Sutera?

Rukyah juga bisa digunakan mengusir sihir atau jin dan terapi fisik beserta gangguan jiwa. Namun tetap dengan berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagaimana Allah berfirman dalam QS Al-Isra ayat 82 yang artinya, “Dan Kami turunkan Al-Qur’an yakni suatu bentuk penawar dan rahmat bagi orang yang beriman dan Al-Qur’an itu janganlah menambah kerugian bagi orang zalim.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya