Nabi Muhammad SAW Begitu Mencintai Umat Muslim, Begini Cara Kita Membalasnya

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 330 2330149 nabi-muhammad-saw-begitu-mencintai-umat-muslim-begini-cara-kita-membalasnya-X1nsWLqsbU.jpg Kaum Muslim dan Muslimah tentulah sangat mencintai Nabi Muhammad SAW. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA – Sebagai hamba Allah Subhanahu wa ta’ala, memang sudah semestinya mencintai-Nya serta mencintai Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam (SAW).

Mencintai Rasulullah sudah merupakan aturan pertama dalam mencitai Islam. Lantas, mengapa kita harus cinta kepada Rasulullah?

Baca Juga: Imam Bukhari, Buta di Waktu Kecil tapi Mampu Hafal 300.000 Hadis

Dilihat dari sisi umpan balik, Rasulullah begitu amat mencintai umatnya, termasuk kita yang sudah jauh hidupnya dari masa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Ibnu ‘Abbas pernah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah menampakkan kesedihan yang mendalam hingga nampak air matanya berlinang dan menetes di pipinya.

Baca Juga: Tenang Saja, Semua Sudah Diatur dalam Islam

Para sahabat bertanya, apa gerangan yang membuat sedih ya Rasulullah? Beliau menjelaskan bahwa beliau sedang memikirkan umatnya yang datang pada zaman sesudahnya yang bisa terancam mengalami kebinsaan.

Beliau berdo’a memohon kepada Allah SWT agar ummatnya jangan sampai binasa oleh perang, kelaparan, dan adu domba orang munafik. Dari ketiga permohonannya itu ternyata dua dikabulkan dan yang terakhir tidak.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam riwayat lain dijelaskan, bahwa pada saat menjelang wafatnya, beliau sering menyebut “Ummatku! Ummatku!” secara berulang-ulang. Begitu besar cinta Rasulullah kepada kita, beliau selalu mengingat dan berharap agar umat islam dalam keadaaan aman dan jauh dari bahaya.

Ustaz Hanan Attaki Lc menjelaskan, belajar mencintai Rasulullah dengan mengingat kebaikan Rasul kepada ummatnya. “Nabi adalah sosok yang sangat ta’zim untuk kita. Jangankan kita yang menganggapnya ta’zim, malaikat pun memuja Rasul-rasul Allah,” ujarnya dalam Channel Youtube From Quran, pada Jumat (18/12/2020).

Begitu besar kuasa Allah sehingga menciptakan Rasul yang sangat dermawan. Oleh karena itu, tugas kita hanyalah mencitai Rasulullah shalalllahu alaihi wa salam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya