Hari Ibu, Nabi Muhammad SAW Memuliakannya hingga Menegaskan 3 Kali

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 614 2331556 hari-ibu-nabi-muhammad-saw-memuliakannya-hingga-menegaskan-3-kali-QC1uATRphr.jpg Seorang ibu melimpahkan seluruh kasih sayang kepada anaknya seperti yang ditunjukan Ayudia Bing Slamet. (Foto:Instagram/Ayudia Bing Slamet)

JAKARTA- Pada 22 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ibu. Dalam Islam, ibu mempunyai kedudukan yang paling mulia. Sebab ibu adalah yang mengandung, melahirkan, menyusui dan mendidik manusia.

"Sehingga ibu disebut madrasatul ula, sekolah pertama yang mengajari manusia," sebut Ustaz Faozan Amar dalam nasihat agamanya yang diterima Okezone Selasa (22/12/2020).

Baca Juga: Mukjizat Nabi Muhammad SAW hingga Nabi Isa

Karena itulah, kata Ustaz Faozan, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) memerintahkan kepada kita untuk menghormati ibu sampai tiga kali baru kemudian ayah.

Hal sebagaimana sabda Nabi SAW: Dari Abu Hurairah r.a, Rasululloh SAW bersabda, “Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu” (HR. Bukhari dan Muslim : 5971)

Baca Juga: Kendarai Langsung Mobil Pikap, Ustaz Somad Bawa 26 Ton Beras Bantuan

Tak hanya itu, surgapun berada di bawah telapak kaki ibu. Dan doa ibu sangat makbul untuk diijabah oleh Allah Subhana Wata'ala (SWT).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Karena itu, momentum Hari Ibu merupakan sarana melakukan refleksi terhadap bakti anak terhadap ibu dan juga kewajiban terhadap anak dalam mendidik dan membesarkannya sampai dewasa. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini