6 Persiapan Menyambut Kedatangan Ramadhan, Bulan yang Mulia

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 614 2343957 6-persiapan-menyambut-kedatangan-ramadhan-bulan-yang-mulia-C8zGSAqZRp.jpg Bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat dan ampunan Allah SWT. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Ramadhan adalah bulan yang mulia. Ramadhan sangat dinantikan bagi masyarakat muslim. Bulan penuh rahmat dan maghfirah. Bulan ketika Allah SWT mewajibkan kepada hambaNya untuk berpuasa.

Dikutip dari buku berjudul "Ramadhan di Tengah Wabah" Selasa (12/01/2021), yang ditulis oleh Ahmad Syaikhu. Berikut penjelasannya, tentang bagaimana persiapan menghadapi Ramadhan.

1. Berdoa agar kita dipertemukan dengan Ramadhan

Para ulama terdahulu begitu sungguh-sungguh berdoa, bahkan sejak enam bulan sebelumnya, dan selama enam bulan berikutnya.

2. Menuntaskan puasa tahun lalu

Seharusnya kita mengganti puasa sesegera mungkin sebelum datang Ramadhan berikutnya. Menunda ganti puasa sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah dosa.

Baca Juga: Wasiat Umar Bin Abdul Aziz: Utang, Hina di Siang Hari dan Kesengsaraan Pada Malam

Namun, jika seseorang memiliki kesibukan atau halangan tertentu seperti seorang ibu yang menyusui anaknya, bisa diganti pada bulan Sya'ban.

3. Persiapan keilmuan (memahami fikih puasa)

Mua'dz bin Jabal r.a berkata: "Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, karena mencari ilmu karena Allah adalah ibadah".

Karena itu, dengan ilmu kita dapat mengetahui cara berpuasa yang benar sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW. Selain mendapat pahala karena mencari ilmu, juga bisa berpuasa sesuai petunjuk.

4. Persiapan jiwa dan spiritual

Mempersiapkan diri lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Yaitu dengan hati yang ikhlas dan praktek ibadah yang sesuai dengan petunjuk dan sunnah Rasulullah SAW. Penyucian jiwa dengan berbagai amal ibadah dapat melahirkan keikhlasan, kesabaran, tawakal dan amalan hati lainnya.

5. Persiapan dana (finansial)

Pada bulan Ramadhan, setiap muslim dianjurkan perbanyak amal shalih seperti infaq, shadaqah, dan ifthar (memberi bukaan).

Karena itu, sebaiknya dibuat sebuah agenda keuangan yang mengalokasikan dana untuk shadaqah, infaq, dan iftar selama bulan Ramadhan.

6. Persiapan fisik yaitu menjaga kesehatan.

Bulan Ramadhan juga perlu menjaga fisik agar tetap sehat dan kuat. Kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Orang yang sehat dapat melakukan ibadah dengan baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran
Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini