Ini Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah bagi Muslim

MNC Media, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 330 2346281 ini-keutamaan-dari-membaca-surat-al-fatihah-bagi-muslim-ic5LNLIHko.jpg Program Dai Muda RCTI Plus. (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Al Fatihah merupakan surat pembuka di Al-Qur’an dan menjadi bacaan wajib setiap muslim karena selalu diucapkan di dalam sholat. Keutamaan membaca surat ini juga yang menjadi topik pembicaraan di Dai Muda RCTI+ episode ke-2 season 4 bersama Muhammad Vickry.

“Kita akan belajar cara membacanya dan kita akan pelajari sedikit-demi sedikit makan yang ada di dalamnya. Karena jika kita semakin paham makanya, akan membuat ibadah kita semakin khusyu,” jelas Vickry sebagai pembuka.

Pada topik pembahasan pertama, Vickry sedikit menjelaskan bahwa membaca surat Al Fatihah merupakan rukun dalam sholat. Jadi jika terjadi kesalahan dalam membacanya, akan berakibat juga dalam sah atau tidaknya sholat tersebut. “Minimal kita membaca Surat Al-Fatihah itu 17 kali dalam satu hari.” tambah Vickry.

Muhammad Vickry juga menambahkan beberapa fakta lain mengenai surat Al-Fatihah ini. Ia menjelaskan bahwa ketika Nabi SAW ada bagian tubuh yang sakit, maka beliau akan memegang bagian tubuh yang sakit tersebut dan membacakannya surat Al-Fatihah. “Jadi misalkan tangan kita sakit, daripada mengeluh lebih baik langsung bacakan saja surat Al-Fatihah,” ungkap Vickry sebagai contoh.

Bisa juga membacakan Al-Fatihah untuk teman atau kerabat yang sakit, karena kata Allah SWT Al-Qur’an ini Asy-Syifa atau merupakan sebuah obat, bukan saja obat untuk hati melainkan juga obat untuk segala penyakit.

Selengkapnya mengenai surat Al-Fatihah bisa viewers saksikan langsung melalui link berikut: https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/19921/kesalahan-fatal-ketika-membaca-surat-al-fatihah.

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tentang RCTI+:

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.rctiplus.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

(Vitri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini