Rahasia Sukses Rukun Berumah Tangga Bernuansa Islami

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 330 2349274 rahasia-sukses-rukun-berumah-tangga-bernuansa-islami-AoIsVPXaow.jpg Keluarga Muslim bahagia dan rukun. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Dalam hidup berumah tangga, kerap terjadi perbedaan sikap suami dan istri, bahkan bisa meruncing tajam. Islam sudah mengajari para kaum Muslim bagaimana hidup berumah tangga yang benar.

Dr. Ahmad bin Nashir ath-Thayyar dalam pesannya dikutip pada Senin  (25/1/2021) menyebutkan; kenali apa yang disukai dan yang tak disukai pasangan kalian

dalam rumah tangga. Baik suami atapun istri, harus berupaya mengenal satu sama lain dan upaya itu tak boleh berhenti pada waktu atau batas tertentu.

Baca Juga: Awas Kematian Tak Pandang Usia, Jangan Tunda Beramal Soleh

Karena dengan berlalunya waktu pastilah akan terungkap berbagai hal yang indah. Perlu disadari masa tersulit dalam rumah tangga terletak di tahun-tahun awal menikah, karena di saat itu pasutri belum mengenal pasangannya dengan baik.

Pasutri harus menyadari bahwa pasangan mereka dahulu hidup bertahun-tahun di tengah lingkungan dan kebiasaan tertentu. Tradisi antara satu keluarga dan keluarga yang lain terkadang berbeda.

Karena itulah pasutri tak boleh kesal dengan adanya perbedaan pandangan, kebiasaan, dan tradisi yang ada pada diri pasangan. Bahkan ia harus berusaha beradaptasi dengan itu semua selama tidak bertentangan dengan syari'at.

Hal utama yang dibutuhkan pasutri adalah saling menginformasikan perilaku dan kebiasaan yang disukai dan tak disukai kepada pasangan, agar mereka berupaya melakukan apa yang disukai pasangan dan menghindari lawannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jika salah satu pihak tidak mengomunikasikan hal tersebut, maka boleh jadi pasangannya melakukan hal yang justru mengganggu pikiran dan menyempitkan dada. Kemudian yang terjadi hanyalah sikap saling menyalahkan dan mengecam. Padahal ialah yang patut disalahkan terlebih dahulu.

Jika setiap apa yang disukai dan yang disukai saling diungkapkan, maka hal itu merupakan sebab utama yang bisa melanggengkan cinta dan pernikahan mereka. Serta menjadi sebab yang bisa menepis segala hal yang bisa mengganggu ikatan rumah tangga.

Betapa banyak kehidupan rumah tangga mengalami konflik dan ketidakharmonisan disebabkan tidak adanya komunikasi yang jelas antar pasangan.

Bahkan kami menegaskan bahwa problematika utama yang dialami setiap pasutri dan rumah tangga dikarenakan tidak memperhatikan hal penting ini dengan baik. (al-Hayah az-Zaujiyah as-Sa'idah hlm. 11-12) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya